Verba Pewarta

Bantuin Share Yuk!

Verba Pewarta adalah kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan percakapan atau wawancara. Banyak jenis verba dalam mempelajari bahasa Indonesia, salah satunya adalah verba pewarta.

Verba Pewarta

Verba Pewarta

Apa itu verba pewarta?

Verba pewarta adalah menggambarkan kegiatan percakapan.

Pengertian Verba Pewarta

Verba adalah suatu kata kerja di mana menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, dan lainnya.

Nah, Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transisi.

Sedangkan verba transitif adalah kata kerja yang memerlukan dua nomina. satu sebagai subyek dan satu lagi sebagai obyek dalam kalimat aktif.

Ciri-Ciri Kalimat Verba Pewarta

  1. Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan
  2. Verba pewarta merupakan salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita, karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.
  3. Contoh verba pewarta adalah kata yang memiliki sifat mewartakan, contoh katanya seperti mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, mengklarifikasi, menuturkan, menyampaikan dan sejenisnya. Intinya sifat dari kata kerja ini yaitu memberitahu kepada orang lain, umumnya masyarakat luas.

Contoh Verba Pewarta

Kata Memaparkan

Tepat pada dini hari, Presiden telah memaparkan kondisi perkembangan Indonesia pada saat ini telah siap menghadapi tantangan dan persaingan di masa yang mendatang.

Kata Mengatakan

Beliau mengatakan jika dengan menjadi presiden, akan mudah dalam mengatasi banjir yang sering terjadi di Ibukota, hal ini disampaikan pada pidato Presiden Jokowi dimana disiarkan melalui televisi. Dengan begitu, masyarakat hidupnya akan terjamin dan tentram.

Baca Juga :  Majas Metonimia

Kata Memberitakan

Ketika terjadi gerhana bulan pada 22 Mei 2020 di internet banyak sekali situs web yang memberitakan tentang proses terjadi gerhana bulan.

Kata Menjelaskan

Komentator menjelaskan kemenangan Greysia Polii dan Apriliani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020 yang mengalahkan pasangan ganda putri China.

Nah itulah pengertian, ciri-ciri dan contoh dari verba pewarta. Dapat disimpulkan bahwa verba pewarta adalah ungkapan untuk menggambarkan berita di mana memiliki ciri dan sifat yang dimilki pewarta.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment