Telinga Kucing Jamuran

Telinga Kucing Jamuran – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan populer di Indonesia. Kita dapat menjumpai kucing dimana saja saking banyak kucing berkeliaran di jalanan. Banyaknya jumlah kucing, maka banyak juga penyakit-penyakit yang bisa menyerang kucing meskipun kucing tersebut sudah dirawat dan di pelihara loh. Apa lagi kucing liar kan?

Penyakit kucing yang sering menyerang kucing liar dan merembet ke kucing rumah adalah Kucing Jamuran. Biasanya anakan kucing rentang terkena penyakit ini dan penyakit ini juga lebih sering bersarang di sekitar telinga dan kepala kucing. Virus ringworm jemuar kucing juga bisa menyerang manusia jadi kita harus ekstra hati-hati!

Telinga Kucing Jamuran

Telinga Kucing Jamuran
Image Source. https://media.npr.org

Kucing yang terkan jamur biasanya akan sembuh sekitar 4 sampai 6 bulan. Namun akan lebih cepat saay kucing memiliki daya tahan tubuh yang baik. Anak kucing yang terkena jamur biasanya di sekitar telinga dan kepala dan akan merembet kemana-mana. Bahkan ketika kucing menggaruk area berjamur maka kaki kucing tersebut akan terinfeksi juga loh!

Baca Juga :  Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Untuk itu kita harus tahu Ciri Telinga Kucing Jamuran agar cepat ditangai dan cepat sembuh pula si kucing dari jamur.

  1. Perhatikan bulu telinga kucing

    Bulu di dekat telinga kucing biasanya akan menggimbal dan menjadi jelek saat terinfeksi virus ringworm ini. Tak jarang loh bulu kepala kucing akan mengalami ke gimbalan yang sama seperti telinga kucing dan membuatnya menjadi tidak enak dilihat. Jika bulu gimbal titu menjalar ke area lain selama beberapa hari sudah bisa dipastikan kucing terkena jamur.

  2. Kucing akan menggaruk telinganya

    Penyakit jamur sangat gatal bagi kucing maupun manusia. Perhatikan si kucing, jika ia terlalu sering menggaruk area telinganya cepat-cepat periksa karena bis ajadi itu adalah virus ringworm yang tengah menyerang. Kulit telinga kucing pun akan menjadi kemerahan saat berjamur karena ruam.

  3. Rewel dan Mengeong

    Karena Telinga Kucing Jamuran biasa di derita oleh anakan kucing, mungkin anakan kucing tersebut akan mengeong dan berubah rewel dikarenakan rasa tidak nyaman saat penyakit jamur tersebut bekerja.

  4. Bulu Rontok

    Virus Ringworm dapat juga membuat bulu-bulu kucing menjadi rontok. Kerontokan tersebut akan menjadi botak jika di biarkan terus menerus karena ruamnya pun akan menjadi lebih parah. Segera periksa si kucing ya jangan sampai telinganya mengalami jamuran yang parah!

Mengobati Telinga Kucing Jamuran

Setelah telinga kucing dipastikan terinfeksi oleh virus ringworm, maka kita harus tahu juga cara mengobatinya bagaimana. Ada banyak cara mengobati kucing jamuran. Namun karena kita membahas telinga kucing jamuran maka kami pilihkan cara pengobatannya yang paling tepat.

Baca Juga :  Cara Mengobati Kucing Diare

  1. Membersihkan Lingkungan, Kandang dan Peralatan

    Karena virus ringworm hadir di tempat yang tidak bersih dan kurang higienis. Kita harus emmbersihkan lingkungan tempat tinggal kucing dengan bersih agar virus tersebut tidak tumbuh dan berkembang disana. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan Desinfektan untuk memastiakn semua virus mati.

  2. Memandikan Kucing

    Kucing memang snagat susah dimandikan karena sebagian dari mereka takut dengan air. namun kucing yang terkena jamur harus mulai rutin dimandikan agar menghentikan pertumbuhan jamur pada badan si kucing. Terlebih telinga kucing jamuran juga sering sekali di garuk oleh kucing. Memandikan kucing juga dengan shampoo khusus jamuran ya!

  3. Semprotkan Sulfur

    Sulfur memang di kenal sebagai pembunuh virus dan jamur bahkan pada tubuh manusia. Banyak manusai yang berendam di air belerang untuk kesehatan Menyemprotkan cairan sulfur pada kucing yang terkena jamuran akan sangat membantu menghilangkan jamur.Telinga kucing jamuran cukup di semprot 2 sampai 4 kali saja sudah banyak perkembangan loh. Bahkan bisa jadi jamur itu akan cepat hilang. Namun saat menggunakan sulfur nafsu makan kucing akan berkurang karena baunya yang menyengat.

  4. Berikan Obat

    Di petshop dan dokter hewan ada bermacam-macam jenis obat jamuran untuk kucing dari mulai obat konsumsi hingga obat salep. Obat salep cukup dioleskan secukupnya pada area kucing yang berjamur. Sementara obat konsumsi biasaya dicampurkan pada makanan atau minuman kucing. Ada beberapa obat konsumsi dan obat salep yang dapat di gunakan secara bersamaan .

Baca Juga :  Anak Kucing Sakit Mata

Begitulah ciri telinga kucing jamuran hingga cara mengobati telinga kucing jamuran yang dapat kita informasikan. Kucing harus dirawat dan dibersihkan secara rutin agar terhindar dari virus, bakteri dan jamur yang dapat hinggap dan berkembang biak di tubuh kucing. Jamur merupaka salah satu penyakit kucing yang agak rumit di tangani karena membutuhkan waktu yang lama. Jadi kita harus merawat kucing sebaik mungkin!

Leave a Reply

%d bloggers like this: