Prolog Adalah

Bantuin Share Yuk!

Prolog Adalah – Prolog sendiri merupakan bagian penting dari suatu karya sastra yang berupa kalimat pembuka atau pendahuluan. Umumnya isi prolog menjelaskan mengenai tokoh-tokoh dan pemeran, konflik yang terjadi dan sinopsi lakon pada suatu karya sastra. Di dalam sebuah drama juga terdapat prolog di setiap adegannya.

Prolog Adalah

Apa Itu Prolog?

Prolog adalah pembukaan dalam sebuah cerita.

Prolog Adalah

Pengertian Prolog

Apa yang dimaksud prolog? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, definisi prolog adalah pengantar dari suatu naskah yang dapat berupa dialog atau kilas balik dari suatu peristiwa yang terjadi dalam cerita. Pada dasarnya prolog sifatnya tidak wajib. Namun dengan adanya prolog yang baik akan membuat pembaca semakin tertarik dan penasaran dengan isi cerita suatu karya sastra.

Secara etimologis, istilah “Prolog” diambil dari bahasa Yunani yaitu “Prologos”. Pro artinya sebelum dan logis artinya kata. Sehingga arti prolog ialah kata pengantar yang dimaksudkan untuk memperkenalkan isi suatu karya sastra. 

Prolog persamaan dari pembukaan dalam cerita. Prolog KBBI (Kamus Besar Berbahasa Indonesia), prolog adalah adegan singkat atau pidato yang disampaikan pada awal pertunjukan.

Situs brainly menjawab bahwa prolog adalah pembukaan, maksudnya pembukaan dalam cerita untuk memulai namun tidak termasuk dalam bagian dari setiap chapternya.

Fungsi Prolog

Mengacu pada pengertian prolog di atas ada beberapa fungsi utama dari prolog. Adapun beberapa fungsi prolog ialah sebagai berikut:

  1. Sebagai kata pembuka atau pendahuluan suatu karya sastra.
  2. Untuk memperkenalkan para tokoh dan pemeran, konflik dan sinopsis lakon suatu cerita.
  3. Untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka semakin penasaran dengan isi cerita.

Prolog juga adalah pengenalan tokoh yang berfungsi untuk pembaca tertarik dan maksud dengan isi cerita, tentunya membuat pembaca lebih penasaran.

Di dalam buku, ciri – ciri prolog terdapat dibagian belakang cover. Fungsinya untuk menarik pembaca. Penulis ingin menyampaikan ceritanya melalui prolog. 

Antonim Prolog

Antonimnya prolog adalah epilog. Epilog adalah bagian akhir/penutup dari suatu sastra dan literatur, biasanya digunakan untuk menutup cerita. Adapun monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni peran di mana hanya dibutuhkan satu tokoh a tau dialog bisu untuk melakukan adegan/sketsanya. Latar dalam cerita juga di setting untuk mendapatkan resolusi baik dalam menyampaikan isi cerita.

Baca Juga :  Fungsi Gerakan Telur Dengan Tidur Terlentang Sambil Mendekap Kaki dan Badan

Cara Membuat Prolog Cerita

Dalam membuat prolog, baik itu prolog novel maupun cerita dalam wattpad menggunakan beberapa bagian dari konflik yang paling menarik di dalam cerita tersebut, agar pembaca semakin penasaran. Berikut cara membuat prolog:

1. Sertakan hal yang menjadi minat pembaca.

Dalam hal ini, tentunya setiap karya sastra memiliki peminat masing-masing. Bila cerita tersebut tentang percintaan, maka prolog dibuat dengan konflik percintaan.

2. Buatlah prolog dengan singkat dan tidak bertele-tele.

Paling panjang sekitar 400-500 kata.

3. Prolog sebaiknya tidak terkait sama sekali dengan chapter 1 di dalam cerita.

4. Di dalam prolog juga terdapat alur dan pesan yang ingin di sampaikan.

Contoh Prolog

Contoh Prolog 1

Dunia ini terasa berhenti, generasi A dari generasi B tak terasa terlewati.Namun, ketika Aku wajib siap menerima kenyataan pahit, mempunyai seorang Ayah dengan keadaan cacat. Ku ingin Ayah lebih sempurna, seseorang yang tidak cacat, semacam Ayahnya semua orang. Seorang Ayah yang bisa mendengar harapanku dan kekhawatiranku. Di sini, di Rumah petakku, aku hanya tinggal berdua dengan Ayah, setelah kematian Ibuku berbagai tahun yang lalu. Hanya Ayah satu-satunya keluarga yang aku miliki. Andalan yang mungkin tidak bisa aku harapkan.

Contoh Prolog 2

Bagiku waktu rutin pagi. Diantara potongan dua puluh empat jam sehari, bagiku pagi merupakan waktu yang paling indah. Ketika janji-janji baru timbul seiring embun menggelayut di ujung dedaunan. Ketika harapan-harapan baru merekah bersama kabut yang mengambang di persawahan sampai nun jauh di kaki pegunungan. Pagi berarti satu hari yang melelahkan telah terlampaui lagi. Pagi berarti satu malam dengan mimpi-mimpi yang menyesakkan terlewati lagi, malam-malam panjang, gerakan tubuh resah, kerinduan, dan helaan napas tertahan. Komplikasi tersebut yang membuat tubuh ini tak bisa menahannya.

Baca Juga :  Teks Cerita Fiksi

Adapun SWI Prolog atau singkatan (Sociaal-Wetenschappelijke Informatica)  adalah implementasi gratis dari bahasa pemrograman Prolog, yang biasa digunakan untuk pengajaran dan aplikasi web semantik labour.

Prolog Natal

Prolog liturgi  : Didalam kegiatan perayaan Natal kita tidak tahu, dan bahkan lupa apa sebenarnya yang kita dapat makna dari perayaan tersebut. Untuk itu marilah kita dengarkan liturgi ragam kebiasaan ini. Musik dalam alunan juga bisa menyegarkan otak dan hati kita.

Sebenarnya apa pengertian dari Natal menurut pengertian yang saya tahu artinya kelahiran Yesus. Apakah pengertian itu sudah cukup untuk kita ketahui. Kalau memang itu kenapa semua orang disibukkan dengan semua hal itu.

Apakah memeng Yesus lahir setiap Tahun? Dan kenapa setiap Perayaan Natal ada Liturgi, kalau dihata Batak Pajojorhon, sampai kehiburan banyak kita dapati diwaktu Natal. Coba kita bayangkan kalau Yesus hanya terlahir ke Dunia ini tanpa ada penyelamatan, ngapai kita capek merayakan itu.

Akan tetapi karena Yesus Mati dan bangkit makanya Dia dikenal orang dan dipercaya. Seperti pendapat ahli mangatakan Kita harus membaca dari lembar belakang, bukan dari lembaran pertama. Itulah makana yang sebenarnya yang saya ketahui tentang Natal itu. Kalau menurut kita Apa???

Contoh Prolog Liturgi

Berikut contoh Prolog liturgi natal:

Prolog Liturgi Natal Bahasa Batak.

Contohnya: Ingkon Pujiaonta do Debata ala hasongkalanNa, dohot hagogoonNa, na manompa sian na so adong hian gabe adong tanda ni haunduhonta ingkon ulahononta ma patikna. Didok Debata do tu jolmai “ Dung i dipatik Debata Jahowa ma jolma i, ninna ma: Jadi do panganonmu sian nasa hau di bagasan porlak on. Alai anggo sian hau parbinotoan ni na denggan dohot na roa, ndang jadi panganonmu; ai sadari dipangan ho sian i, sai na mate do ho.

Prolog Liturgi Penciptaan.

Allah telah berkarya hari demi hari, sehingga semua ciptaan menjadi indah dan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh TUHAN, Semesta Alam. Terpujilah Dia sepanjang masa.

Prolog Liturgi Janji Keselamatan.

TUHAN adalah pengasih dan penyayang, panjang sabar dan  berlimpah kasih setia-Nya. Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita. Kasih Allah telah nyata kepada manusia dengan memberikan nubuatan tentang kelahiran seorang Mesias untuk membebaskan manusia itu dari bebannya.

Baca Juga :  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

Prolog Liturgi Ketidak-taatan.

Allah telah memberikan kebebasan kepada manusia untuk menguasai segala ciptaan-Nya dan memeliharanya. Tetapi manusia telah lupoa dan bahkan jatuh ke dalam dosa. Semua itu adalah akibat kelalaian manusia itu sendiri. Sungguh manusia itu telah mau dikuasai oleh iblis.

Prolog Liturgi Dampak dosa.

Ternyata, apa yang telah diberikan ALLAh kepada manusia, telah disalahgunakan oleh manusia. Manusia merasa menjadi orang yang maha kuasa sehingga dunia kini penuh dengan kerusuhan.

Prolog Liturgi Kelahiran.

Bergembiralah hai umat manusia, bersukacitalah sebab Mesias yang telah dinantikan telah lahir di kandang domba, tempat yang hina, namun membawa kemuliaan bagi manusia. Terpujilah TUHAN, Bapa Yesus Kristus, Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Maha Tinggi.

Prolog Liturgi Doa Bapa Kami.

Yesus bertambah besar dan semakin dikasihi Allah dan manusia. Yesus juga ingin supaya manusia itu dikasihi oleh Allah sama seperti Dia yang dikasihi Allah. Untuk itu, Yesus mengajarakan sebuah doa yang begitu indah. Namun, dalam situasi saat ini, manusia sudah banyak tidak lagi memahami doa ini secara mendalam. Lihat manusia justru menghina orang yang sungguh-sungguh mengucapkan dan memahami doaa tersebut.

Prolog Liturgi Ucapan Bahagia.

Yesus juga memberikan berita sukacita kepada seluruh orang yang mendengarnya. Memberitakan bahwa Tahun rahmat TUHAN telah tiba di dalam diri-Nya. Yesus memberikan ajaran dalam khotbah-Nya, khotbah yang begitu indah yang memberikan jaminan kepada orang-orang yang mendengarnya.

Prolog dan epilog adalah dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Epilog adalah penutup dalam sebuah pengisahan, tanpa atau dengan dialog. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai epilog silahkan baca : Epilog adalah

Itulah Pengertian, fungsi, cara membuat prolog dalam cerita, dan prolog natal serta beberapa liturgi natal. Dengan munculnya artikel ini, bisa membantu anda untuk belajar dan mengetahui lebih banyak. Katanya, membaca adalah gudang ilmu!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment