Penyebab Kucing Makan Anaknya

Penyebab Kucing Makan Anaknya – Umunya kucing betina akan melahirkan 3-7 anak setiap kali ia melahirkan. Bayangkan bertapa banyaknya kan? Anakan kucing yang baru lahir memang masih sangat lemah dan tidak bisa melakukan apa apa selain mengeong.

Tapi, pernahkah anda melihat indukan kucing makan anaknya sendiri? Pasti anda bertanya-tanya, kok tega sih?! Ternyata indukan kucing memiliki banyak alsan kenapa sempat-sempatnya ia memakan buah hatinya yang baru saja dilahirkannya tersebut. Kucing makan anaknya sudah banyak terjadi di berbagai tempat!

Penyebab Kucing Makan Anaknya

Penyebab Kucing makan Anaknya
Image Source. http://kucingutara.blogspot.com

Sebenarnya ada banyak hal medis penyebab kucing makan anaknya. Bagi beberapa orang pasti sudah pernah melihat langsung bagaimana indukan kucing memakan anaknya yang abru dilahirkan tersebut. Kami sudah merangkum penyebab kucing makan anaknya pada artikel ini!

  1. Anaknya Terlahir Cacat

    Umunya anakan kucing baru bisa membuka mata da berjalan jika umurnya sudah sekitar satu bulanan. Namun bila anak kucing terlihat cacat sebelum satu bulan itu, maka indukan kucing akan dengan teganya memakan anaknya sendiri. Indukan kucing berpikir untuk meringankan penderitaan anaknya sekaligus stres karena anaknya tidka bisa lahir normal.

  2. Anaknya Telah Mati terlebih Dahulu

    Ini alasan yang cukup kejam namun biasanya indukan kucing akan memakan anaknya yang telah mati agar tidak menyebarkan virus ke anak-anaknya yang lain. Cara ini cukup menyakitkan dan menyedihakn secara bersamaan.

  3. Indukan Lapar

    Meski terdengar mengerikan, namun Indukan kucing yang baru saja melahirkan biasanya membutuhkan gizi yang lebih. Jika tidak ada cadangan makanan di sekitar indukan, mau tidak mau si indukan memakan anaknya sendiri. Biasanya pet shelter memisahkan anakan dengan indukan agar kejadian ini tidak terjadi.

  4. Indukan Sedang Stres

    Tahu tidak kalau kucing mempunyai musim untuk melahirkan? Musim kawin pada kucing sangatlah penting. Kucing yang melahirkan di musim yang salah aka merasa stres dan tertekan. Mereka akan membunuh anaknya agar dapat melahirkan kembali di musim yang benar. Karena jika bayi kucing dilahirkan di musim yang dingin, kemungkinan hidupnya sangat kecil. Sehingga sang indukan membunuhnya saja.

  5. Meningkatkan Kesempatan Hidup

    Khusus untuk kucing yang tidak mempunyai tempat tinggal dan hidup berpindah-pindah, memakan anaknya merupakan salah satu cara bertahan hidup. Predator ganas diluar sana akan lebih mudah menangkap mereka jika sang induk mempunyai banyak anak. Maka dari itu sang induk mengurangi jumlah anaknya untuk mengurangi tingkat kedatangan predator.

  6. Hamil Muda

    Kucing yang masih terlalu muda untuk hamil bias any aakan mengalami stres yang cukup serius. Hormone indukan mereka belum matang sehingga si kucing lebih memilih membunuh anaknya karena kebingungan. Karena suara anakanya akan membangkitkan naluri berburu si induk.

  7. Anak Kucing sedang Sakit

    Kucing anakan yang terlahir sakit-sakitan biasanya menjadi lemah dan menjadi parasite utnuk indukan dan saudaranya. Sama seperti kucing yang lahir cacat, sang indukan berusaha mengakhiri penderitaan yang dialami oleh kucing anakan yang sakit.

  8. Ada Campur Tangan Manusia

    Jangan pernah membantu proses lahiran kucing! Jangan sentuh bayi kucing yang baru lahir karena bau dari bayi tersebut akan bercampur dengan bau manusia. Sang indukan pun menjadi ragu apakah anak itu anaknya atau bukan. jika sudah terlanjur, bayi kucing akan di usir, ditinggalkan dan yang paling parah ia akan di mkan oleh indukannya sendiri.

    Perbaikan dari : Maruf Nurrochman
    Nomor 8 salah tuh min, saya punya kucing sudah 4 generasi, setiap generasi saat lahiran saya selalu membantu dengan menaruh sang induk dan anak kedalam kardus, lalu setiap saya sempat saya beri makan indukan sembari mengelus”anak kucing. Dan sampai saat ini mereka yang dilahirkan masih dalam jumlah yang sama tanpa cacat sekalipun (cacat dalam artian tersiksa oleh induk)

Demikian artikel tentang penyebab kucing makan anaknya yang telah kami rangkum. Sebaiknya anda memisahkan bayi dan induknya jika kucing tersebut adalah kucing peliharaan. Jika anakan kucing sudah terlihat cacat, maka cepat-cepat pisahkan.

Jika yang anda lihat adalah kucing liar, jangan sekali-kali mendeka karena indukan mungkin akan mengamuk. Cukup perhatikan saja.

8 thoughts on “Penyebab Kucing Makan Anaknya”

  1. Pertanyaan:
    Hari ini anak kucing d rumah mati, tidak tahu kenapa , umurnya 8hari .
    Rencana ingin menanamnya, apa sebaiknya d tanam/diniar agar induknya makan anaknya?

    Reply
  2. Nomor 8 salah tuh min, saya punya kucing sudah 4 generasi, setiap generasi saat lahiran saya selalu membantu dengan menaruh sang induk dan anak kedalam kardus, lalu setiap saya sempat saya beri makan indukan sembari mengelus”anak kucing. Dan sampai saat ini mereka yang dilahirkan masih dalam jumlah yang sama tanpa cacat sekalipun (cacat dalam artian tersiksa oleh induk)

    Reply
  3. Itukan untuk induk betina, kalau alasan kucing jantan makan anak kucing kenapa ya ? Anak kucing saya satu indukan mati semuanya, tinggal 2 buah tangannya aja dari 3 ekor, baru sadar ketika indukan yang lain anaknya hilang satu persatu …

    Reply
  4. Mau tanya nih min. Kok kucing saya bunuh anak kucing lain ya anak kucing tetangga tepatnya?? Pdahal kucing saya betina

    Reply
  5. Saya barusan dikejutkan dengan kehilangan anak kucing yang baru berumur 4 hari, kucing saya jenis persia baru melahirkan 4 hari yll. dua anaknya, tapi pagi tadi anaknya cuma tinggal satu, saya cari2 ke mana2 ngga ketemu, Kandangnya jugak bersih dan kemungkinan keluar sama sekali nggak ada, karena kandangnya rapat. apakah kemungkinan sudah dimakan sama induknya ya ? soalnya sama sekali nggak ada bekas2 darah, secuil bangkainya ataupun sehelai bulunya sama sekali..saya kok jadi ngeri ya..? Apakah dimakan sama induknya ?

    Reply
  6. Ka. Mau tanya. Saya baru adob induk dan 4 anak kucing… Anaknya kan 4. Tapi as agi tiba. Anaknya sisa 2… Malemnya sih saya liat si induk mindahin anaknya. Dan kemudian sya pindahkan lagi kedalam kardus… Tapi as agi. Anaknya sisa dua. Di cari yg dua lagi. Takutnya dipindahin lagi sma induknya tapi ga ketrmu ketemu. Apa mungkin anaknya dimakan??? Dan alasan aling tepat apa ya? Padahal anaknya sudah lumayan besar. Sekitar 2 minggu

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: