Pengertian Huruf Kapital

Apa itu huruf kapitalPengertian huruf kapital disebutkan Huruf Besar. Huruf kapital ialah huruf yang memiliki ukuran dan berupa khusus (semakin besar dari huruf biasa), umumnya dipakai sebagai huruf pertama dari kata pertama kali dalam kalimat, huruf pertama nama diri, dan lain-lain. Berikut keterangan tujuan mengenai beberapa huruf kapital.

Pengertian Penggunaan huruf kapital adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), huruf kapital atau disebutkan huruf besar ialah huruf yang memiliki ukuran dan berupa khusus (semakin besar dari huruf biasa).

Ejaan huruf kapital selalu ditempatkan setiap awalnya kata pertama dalam kalimat, khususnya dalam penulisan nama diri, nama hari, dan lain-lain. Penulisan pemakaiannya seperti surat, text untuk ibu, ayah harus sama sesuai eyd.

Pengertian huruf kapital menurut para ahli

Pengertian huruf kapital Menurut KBBI (2007:413)

Huruf kapital merupakan huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri seperti A, B, C: Huruf Besar.

Pengertian huruf kapital Menurut Anjar, Fita, dan Lisa (2018:13)

KapitalNon-Kapital
Aa
Bb
Cc
Dd
Ee
Ff
Gg
Hh
Ii
Jj
Kk
Ll
Mm
Nn
Oo
Pp
Qq
Rr
Ss
Tt
Uu
Vv
Ww
Xx
Yy
Zz
Tabel Huruf Kapital Menurut Anjar, Fita, dan Lisa (2018:13)

Pengertian huruf kapital beserta contohnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pemahaman huruf kapital dipisah, huruf disimpulkan sebagai elemen abjad yang menyimbolkan bunyi, dan kapital disimpulkan sebagai huruf yang memiliki ukuran semakin besar daripada huruf biasa yang memiliki ukuran kecil dari huruf kapital.

Bila dipadukan pemahaman huruf kapital ialah huruf yang umumnya dipakai untuk huruf pertama dari kata pertama pada suatu kalimat huruf pertama dari nama orang/diri dan lain-lain.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kalimat cuplikan langsung.

Contohnya

Penulisan Huruf Besar Beserta Contohnya

  1. Huruf besar/huruf kapital digunakan dalam kalimat :
    • Ayahnya seorang Penulis di Koransindo.
    • Nama kamu siapa?
  2. Huruf kapital digunakan dalam kalimat petikan langsung :
    • Rifki bertanya kepada Elsa “Kamu punya uang berapa?”
    • “Saya hanya membaca buku ini,” katanya.
  3. Huruf kapital digunakan dalam gelar kehormatan, keturunan dan keagamaan.
    • Nabi Muhammad
    • Sultan Demak
  4. Huruf kapital digunakan dalam unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang/dipakai pengganti orang tertentu, instansi, dan nama tempat.
    • Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
    • Jendral Ahmad Yani
    • Departemen Pendidikan Nasional
    • Kabupaten Solok
  5. Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama orang, nama jenis satuan dan sebagainya.
    • 20 Ampere
    • Mesin Diesel
    • 10 Volt
    • El-Islam Purnama Alam
    • Dini Aminarti
    • Ampera
  6. Huruf kapital digunakan sebagaii huruf pertama ungkapan yang berhubungan denga nama Tuhan, agama, dan kitab suci.
    • Allah
    • Islam
    • Al-Qur’an
  7. Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama suku, ras, bangsa, marga.
    • Bangsa Indonesia
    • Suku Dayak
    • Marga Sihombing
  8. Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama bulan, hari, tahun raya dan peristiwa sejarah.
    • Tahun Hijriah
    • Bulan Agustus

Pengertian huruf kapital menurut kbbi

Huruf kapital merupakan huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri seperti A, B, C: Huruf Besar.

Pengertian huruf kapital dalam bahasa indonesia

Saat menulis, hendaknya perhatikanlah aturan-aturan yang berlaku sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan seperti penggunaan tanda baca dan penggunaan huruf kapital agar tulisan Anda menjadi tulisan yang baik dan benar.

Penggunaan huruf kapital telah menjadi pengetahuan yang umum seperti penulisan judul atau nama orang. Dalam menggunakan huruf kapital harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan edisi kedua berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0543a/U/1987, tanggal 9 September 1987.

Pengertian huruf kapital dan huruf miring

Huruf Kapital (huruf besar) adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan sebagainya, seperti A, B, H.

Huruf Miring adalah huruf yang letaknya miring, tetapi tidak menyerupai tulisan tangan seperti pada kursif.

Pengertian huruf kapital dan tanda baca

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.
    Misalnya: Dia membaca buku.
  2. Huruf kapital atau huruf besar digunakan sebagai huruf pertama pada setiap kata yang memiliki hubungan dengan nama-nama agama, kitab suci, Tuhan dan termasuk juga kata ganti Tuhan.

Contoh: Islam, Kristen, Buddha, Hindu

Pertanda baca ialah lambang yang tidak terkait dengan fonem (suara) atau kata dan frasa di suatu bahasa, tetapi berperanan untuk memperlihatkan susunan dan organisasi satu tulisan, dan intonasi dan interval yang bisa dilihat saat pembacaan. Ketentuan pertanda baca berlainan antara bahasa, lokasi, waktu, dan semakin berkembang. Beberapa faktor pertanda baca ialah satu style detil yang karena itu bergantung pada opsi penulis.

contohnya:

  • Tanda Koma (,) : Studio tersebut tersedia berupa gitar, drum dan bass.
  • Tanda Seru (!): Jangan letakan benda itu di depan saya !

Itu adalah pembahasan lengkap mengenai pengertian huruf kapital yang sudah kamu baca diatas, semoga informasi ini menjadi manfaat dan berkah buat kalian yang sedang mencari informasi ini. Jangan lupa bagikan dan berikan komentar dibawah ini yaa. Terimakasih

#kalimat yang tidak dimuat di artikel ini:

tepat, puebi, sudut, setelah, materi, terdapat, definisi, titik, jalan, brainly, alasan, salah, semua, dimaksud, jelaskan, lancip, mengandung, ada, tebal, kota, sd, kelas, geografi, bersambung, a-z variasi, saja, kuasa, maha, berfungsi, piring, tari, tegak, dua, tanya, petik, sambung, sakit, rumah, pdf, online, cek, logo, makkna, kecamatan, makna, latin, keren, julukan, bali, jeruk, inggris, bapak, indah, hewan, minggu, gunung, ebi, deskripsi, alasannya, senggigi, pantai, benar/salah, anda, z, a, awal, ayah, rangkuman, dari.

Check Also

Makna Kata

Makna Kata –  Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti, dipahami, dan tidak disalahpahami dari sudut …