Pengertian Artikel

Bantuin Share Yuk!

Pengertian Artikel – Artikel bertujuan untuk menyajikan ide dan fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Apa yang dimaksud dengan artikel ?

Kami akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian artikel menurut para ahli, tujuan, ciri-ciri, manfaat, kaidahkebahasaan, struktur, jenis jenis beserta contohnya.

Gambar Pengertian Artikel
Gambar Pengertian Artikel

Pengertian Artikel

Definisi artikel adalah sebuah esai yang sebenarnya lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dll) dan bertujuan untuk menyajikan ide-ide dan fakta-fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Isi artikel bisa bermacam – macam, beberapa contoh yang sering kita baca seperti Sejarah, budaya, lingkungan, seni, Petualangan, argumentasi, penelitian, bimbingan untuk melakukan / mengajarkan sesuatu.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

  • Sumandiria

Artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual, dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

  • Al-Aqli

Artikel ialah suatu tulisan yang telah ditulis oleh masing–masing disiplin ilmu. Setiap artikel akan membahas suatu masalah hingga selesai dengan cara tuntas, lugas serta jelas sehingga para pembaca bisa mengambil intisari dari suatu karangan yang telah ditulis oleh sang penulis.

  • Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel ialah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

  • Rillan E. Wolseley

Artikel ialah suatu karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.

  • Andi Baso Mappatato

Artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

Tujuan Artikel

1. Tujuan Kreatif

Artikel yang dibuat digunakan untuk menyalurkan sebuah ide dan gagasan.

2. Tujuan Eksistensi

Artikel yang ditulis dijadikan sebagai wadah penegasan diri atau guna menyatakan eksistensi diri penulis itu sendiri terhadap para pembaca.

3. Tujuan Pemecahan masalah

Artikel yang dibuat mempunyai tujuan sebagai alat bantu bagi para pembaca untuk memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi.

4. Tujuan Penugasan

Baca Juga :  Teks Editorial

Contohnya seorang siswa sekolah/mahasiswa perguruan tinggi yang diberi tujuan untuk menulis suatu artikel.

5. Tujuan Entertainment

Artikel yang dibuat berisikan cerita yang menghibur untuk para pembaca.

6. Tujuan Informasi

Artikel yang dibuat semata-mata hanya untuk memberikan informasi terhadap para pembaca tentang suatu hal.

7. Tujuan Persuasi (membujuk)

Artikel satu ini bertujuan untuk mengulas sesuatu yang di dalamnya mengandung kalimat bujukan untuk pembaca agar mau melakukan suatu hal atau membeli suatu barang.

Ciri – ciri Artikel

  • Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasannya lengkap serta tuntas.
  • Sumbernya berasal dari fakta yang ada.
  • Besifat faktual sesuai dengan data-data yang diketahui oleh si pengarang/ penulis.
  • Isi yang disampaikan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis.
  • Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.
  • Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.

Manfaat Artikel

  • Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  • Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Kaidah Kebahasaan Artikel

1. Menggunakan kata-kata denotatif, yakni kata yang bermakna sebenarnya. Kata itu tidak bermakna hal lain ataupun dilebihkan maknanya seperti kata konotatif. Namun, sebagian artikel juga akan menggunakan kata konotatif untuk memperindah dan mempopulerkan tulisannya.

2. Menggunakan kata-kata istilah atau kata teknis yang berkenaan dengan topik pembahasan. Contohnya, jika topik yang dibawakan mengenai kesehatan maka istilah teknis yang digunakan, adalah: virus, bakteri, pola makan, suhu tubuh, dan sebagainya.

3. Banyak menggunakan konjungsi yang menunjukkan hubungan argumentasi atau kausalitas. Contoh: sebab, karena, jika, dengan demikian, oleh karena itu, akibatnya.

4. Menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan keterangan waktu atau kronologis, contoh: sebelum itu, kemudian, pada akhirnya.

5. Dalam artikel pola perbandingan, banyak memuat konjungsi yang menyatakan perbandingan/pertentangan, contoh: sebaliknya, berbeda halnya, namun.

6. Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), seperti: diharapkan, memperkirakan, memprihatinkan, menduga, menyimpulkan, berpendapat, berasumsi, dan mengagumkan.

Baca Juga :  Teks Iklan

7. Banyak menggunakan kata-kata perujukan, seperti: menurut pendapat, berdasarkan data, merujuk pada pendapat.

8. Menggunakan kata-kata persuasif, seperti: sebaiknya, hendaklah, sebaiknya, harus, perlu, selain itu.

Struktur Artikel

  • Tesis

Merupakan pendapat dan opini umum yang meliputi pengenalan isu, masalah, atau pandangan penulis secara umum mengenai topik yang akan dibahas dalam artikel.

  • Rangkaian argumen

Berupa sejumlah pendapat, opini, atau argumen penulis sebagai penjelasan atas tesis yang telah dikemukakan. Bagian ini juga biasanya diperkuat oleh fakta dan data yang digunakan untuk memvalidasi argumen.

  • Penegasan ulang

Merupakan perumusan kembali secara ringkas mengenai tesis dan fakta yang telah disampaikan. Bagian ini juga dapat memuat rekomendasi berupa solusi konkret dari penulis.

Jenis – Jenis Dan Contoh Artikel

  • Artikel Deskripsi

Karangan ini memberikan gambaran tentang kasus / situasi sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasa.

Contoh deskripsi berisi fakta:

Hampir seluruh pelosok Mentawai indah. Ada empat kabupaten di padang pasir. Hutan-hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan berbagai jenis anggrek dan fauna yang ditemukan hanya di Mentawai. Kerdil siamang, dan Mentawai lutung monyet primata Simakobu adalah contoh menarik untuk bahan penelitian dan atraksi.

Contoh deskripsi berupa fiksi:

salju, rumput tipis, berkilau diseling putih orange; bayangan matahari terbenam memantul. Angin awal musim dingin berhembus dingin, bermain sisa daun gugur dan bulu coklat melompat menderaikan dari satu cabang ke cabang lain.

  • Artikel Narasi

Dalam narasi sederhana yang dikenal sebagai cerita. Dalam narasi peristiwa atau kejadian secara kronologis. Dalam acara tersebut ada juga pemimpin yang menangani konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

Contoh

narasi yang berisi fakta: biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman. Contoh narasi dalam bentuk fiksi: novel, cerpen, cerbung, atau komik.

  • Artikel Eksposisi

Esai ini berisi deskripsi atau penjelasan dari topik dalam rangka memberikan informasi tambahan atau pengetahuan untuk pembaca. Untuk memperjelas deskripsi, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

Contoh:

Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang utama, yaitu akuntansi dan auditing. Di bidang akuntansi, retensi pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, akuntansi perencanaan sistem informasi juga digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.

Baca Juga :  Ciri-Ciri yang Membedakan Antara Seorang Manajer dan Non Manajer

Pekerjaan audit di bidang akuntansi dalam bentuk pemeriksaan objektif laporan keuangan untuk menilai kewajaran informasi yang terkandung dalam laporan.

  • Artikel Argumentasi

ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat / kesimpulan dengan data / fakta sebagai alasan / bukti. Menurut argumen penulis mengharapkan pembenaran pembaca. Elemen pendapat dan data, serta fakta atau alasan yang mendukung pendapat.

Contoh:

Kepahlawanan harus selalu dipupuk dan dikembangkan sebagai heroik. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan kepribadian luhur, berjiwa, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan kasih kepada sesama. Semua sifat ini diperlukan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

  • Artikel Persuasi

Karangan ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Dalam persuasi penulis mengharapkan gerakan motorik dalam bentuk tindakan motorik yang dilakukan oleh pembaca menurut penulis direkomendasikan dalam esai.

Topik / tema yang tepat untuk persuasi, misalnya:

Katakan tidak untuk obat menghemat energi untuk generasi mendatang Hutan sahabat kita hidup sehat tanpa rokok Membaca memperluas cakrawala Langkah menyusun persuasi: Menentukan topik / tema Merumuskan tujuan Mengumpulkan data dari berbagai sumber Mengembangkan garis mengembangkan lini menjadi persuasi buket.

  • Artikel Eksploratif

Artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis.
Contoh artikel Eksploratif : Makalah penelitian

  • Artikel  Prediktif

Artikel yang memuat tentang sesuatu yang sifatnya akan atau belum terjadi, menurut analisa si penulis.

Contoh artikel Prediktif : Prakiraan cuaca, Prediksi skor (hasil) pertandingan sepakbola.

  • Artikel Eksplanatif

Adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya. Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses” oleh (Kevin Wu. Gatra, 16 Maret 2011), serta buku-buku sejenisnya yang lain

Nah itu lah sedikit penjelasan mengenai pengertian artikel menurut para ahli, tujuan, ciri-ciri, manfaat, kaidah, struktur, jenis, beserta contoh. Semoga membantu!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment