Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan – Diantara catlovers, banyak yang memelihara kucing betina bukan? Ya, kucing betina dinilai memiliki keunggulan yang baik untuk di pelihara. Selain karena Kucing betina di kenal sebaga kucing yang manja, nyatanya kucing betina juga lebih gampang diatur loh!Kucing betina juga merupakan calon Indukan kucing yang berarti mereka akan melahirkan bayi-bayi kucing yang lucu.

Tahu tidak jika indukan kucing yang baru melahirkan harus di beri perhatian dan perawatan khusus? Karena kucing betina yang baru melahirkan akan mudah stres dan terserang penyakit. Apa lagi jika Indukan kucing tidak mau makan, padahal semua sumber energi kucing anakan tersebut adalah si Induk. Jika si Induk tidak mau makan, maka dari mana kucing anakan akan menadapatkan sumber makanannya?

Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan
Image Source. www.kedilievim.com

Bagi bayi kucing, air susu induk mereka sangat penting karena kaya akan antibodi yang akan melindungi mereka dari infeksi. Maka dari itu bayi kucing yang baru lahir harus diberi air susu oleh induknya. Namun bagaimana jika Indukan kucing tidak makan setelah melahirkan anaknya? Padahal makanan adalah sumber nutrisi untuk air susu di Indukan.

Baca Juga :  Cara Memandikan Kucing

Ada banyak penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan, anda juga harus sigap dan lebih memeperhatikan si kucing setelah melahirkan oke?

  1. Ada Masalah di Rahim Kucing

    Beberapa induk kucing akan mengalami radang rahim setelah melahirkan. Tentu saja peradangan yang terjadi di rahim kucing menyebabkan si kucing menjadi tidak nyaman dan kehilangan selera makan. Penyebab radang rahim adalah bahan kimia yang dilepaskan di dalam darah saat melahirkan, sehingg amembuat demam dn hilang nafsu makan.

  2. Pendarahan

    Kucing yang baru saja melahirkan mempunyai resiko pendarahan yang besar namun itu tetap bersifat normal. Kotoan kucing juga umunya akan berwarna cokelat kemerahan, jika darah yang kelua berlebihan maka segera perika si kucing karena pasti ada seuatu di rahim atau sistem pembekuan darah nya. Kucing yang kekurangan darah tentu saja akan lemas dan tiak mau makan.

  3. Hipoklasemia

    Kondisi ini akan terjadi jika kucing mengalami penurunan jumlah kalsium dalam dara setelah melahirkan. Kucing akan tremor, bernafas cepat dan anggota badan kaku. Kucing yang sakit tentu saja akan kehilangan selera makan. Segera bawa ke dokter karena kondisi tersebut sangat berbahaya.

  4. Plasenta Bayi Tertinggal

    Bayi kucing akan keluar dari perut induknya dengan di lumuri oleh plasenta. Namun tidak jarang ada plasenta yang tertinggal di rahim si Induk. Dan tentu berbahay karena dapat membuat bakteri berkembang dan memicunya peradangan rahim.

  5. Kenyang

    Indukan kucing biasanya menjilati si bayi kucing setelah melahirkan untuk membersihkan plasenta yang ada pada tubuh si bayi. Jika kemudian kucing tidak mau makan, bisa jadi ia masih kenyang setelah makan plasenta. Tunggu saja setengah hari atau hingga 24 jam, kalau si kucing tidak mau makan setelah melahirkan berhari-hri silahkan langsung tanyakan kepada dokter hewan ya!

  6. Stres

    Hewan juga bisa menjadi stres tergantung oleh hal-hal tertentu. Hewan seperti kucing bisa stres setelah melahirkan karena paranoid dengan anaknya sendiri, kucing akan menjadi sangat waspada kepada sekitarnya. Saat kucing stres, mereka akan kehilangan nafsu makan, sehingga memang butuh perawatan ekstra. Namun yang terpenting kita harus menjaga si kucing agar tidak stres.

Merawat Kucing Setelah Melahirkan

Merawat Kucing Setelah melahirkan
Image Source. cats.lovetoknow.com

Seperti yang sudah kita ketahui, kucing yang bru saja melahirkan memnag harus di beri perawatan khusus karena akan menjadi rentan penyakit. Apa lagi kesehatan bayi kucing tergantung oleh Indukan si kucing. Kualitas air susu indukan juga tergntung oleh kesehatannya! Untuk itu kita harus mengetahui cara-cara merawat kucing yang baru saja melahirkan.

  1. Periksa untuk mengetahui Penyakit pada kucing

    Induk Kucing memiliki resiko besar terkena berbagai macam penyakit setelah melahirkan, jadi kita harus mengantisipasi datangnya penyakit dengan langsung memeriksa induk kucing tersebut. Penyakit yang di derita bisa Mastitis, Hypocalcemia, dan Edrometitis.

  2. Berikan Makanan yang Cukup untuk Menyusui

    Sebagai Induk, kucing akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk menyusui anak-anaknya. Maka dari itu kita dituntut untuk menjaga dan memberi asupan lebih banyak pada kucing Indukan untuk membantunya menyusui bayi-bayi kucing.

  3. Periksa Puting Induk Kucing

    Induk kucing memiliki kelenjar susu yang akan digunakan untuk menyusui bayi kucing, periksalah sehari sekali jika induk kucing masih menyusui. Puting kucing indukan bisa menjadi kemerahan, keras atau bahkan terkena penyakit kulit dan akan berdampak pada anaknya jika si anak tetap menyusui induk.

  4. Berikan Suplemen dan Vitamin

    Kucing yang baru saja melahirkan akan membutuhkan vitamin yang besar dan juga kalsium dan mineral lainnya. Sebab, kucing bisa menjadi kekurangan darah jika kekurangan zat besi dan kalsium. Pemilihan suplemen yang tepat akan mempercepat juga si kucing pulih dari pendarahan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kucing Stres Ketakutan

Kucing tidak mau makan setelah melahiran karena beberapa faktor yang daat kita atasi juga loh! Jika kucing tetap tidak mau makan setelah faktor itu hilang, periksakan si kucing ke doter ya, jangan menunda-nunda karena anakan kucing juga butuh nutrisi dari Induknya. Namun lebih baik menghindari kucing tidak mau makan setelah melahirkan dari pada mengobati si kucing. Bisa dengan mengetahui terlebih dahulu aftercare kucing melahirkan sehingga kucing tidak akan stres dan mogok makan.

Oh, jangan lupa juga untuk memberikan makanan dengan gizi yang seimbang untuk kucing! Ada beberapa makanan yang bisa di khususkan untuk kucing yang baru melahirkan loh!

Leave a Reply

%d bloggers like this: