Kucing Tidak Mau Makan dan Muntah Kuning

Kucing Tidak Mau Makan dan Muntah Kuning – Kucing merupakan binatang yang memiliki sistem tubuh hampir seperti manusia. Apa lagi dengan sistem pencernaannya, kucing dinilai hampir sama persis dengan manusia. Namun beberapa orang juga mengatakan bahwa sistem penceraan kucing terbilang lemah dan sensitif dengan beberapa makanan karena akan berdampat fatal pada kucing, contohnya seperti lactosa.

Ketika sesuatu terjadi kepada pencernaan kucing, si kucing kemungkinana besar akan muntah dah kehilangan nafsu makannya karena sakit yang dideritanya. Ada banyak sekali kemungkinana penyakit yang dapat diderita kucing ketika pencernaanya terganggu. Salah satunya adalah muntah kuning, kucing tidak mau makan dan muntah kuning sering terjadi jika pencernaan si kucing terganggu.

Kucing Tidak Mau Makan dan Muntah Kuning

Kucin Tidak Mau Makan dan Muntah Kuning
Image Source. https://www.vetwest.com.au

Muntah kuning yang di derita kucing juga membuat kucing tidak mau makan. Biasanya karena kucing merasa lemas dan sakit pada pencernaannya sehingga ia akan kehilangan nafsu makan. Jika saat ini kucing sedang mengalami muntah kuning, jangan panik! Cari tahu penyebabnya dan cari tahu juga cara pengobatannya setelah mengetahui penyebab terebut. Berikut penyebab kucing muntah kuning:

Baca Juga :  Kucing Galak

  1. Virus Panleukopina

    Dari sebagian banyak penyakit pada kucing, virus memang tergolong penyebab terbanyak penyakit tersebut. Namun jangan anggap remeh penyakit yang dapat menyebabkan muntah kuning ini, virus panleukopina termasuk virus yang berbahaya bagi kucing karena sering menjadi penyebab tertinggi kematian kucing yang juga dapat menular ke kucing lain. Virus ini datang dan berkembang ketika usus kucing radang atau terdapat luka.

  2. Keracunan

    Sebenarnya keracunan bisa terjai karena beberapa faktor, bisa karena udara, lingkungan atau makanan yang di konsumsi oleh si kucing. Kucing kercanunan umumnya terjadi karena kucing sembarangan memakan sesuatu
    Nah, penyebab yang satu ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Keracunan sendiri bisa terjadi karena makanan, udara, atau faktor lingkungan lainnya.  Bahkan air yang diminum si kucing juga dapat menyebaban keracunan loh, so tetap jaga makanan dan minuman kucing kita yah!

  3. Kucing Sedang Hamil

    Ketika kucing sedang hamil ia akan membutuhkan banyak perhatian. Hormon estrogen pada kucing juga akan meningkat dan karena hormon tersebut terletak pad perut si kucing, kemungkinana kucing muntah kuning sangat besar. Itu adalah tanda yang wajar terjadi pada kucing yang sedang hamil. Yang pasti tetap memberi si kucing makanan dan minuman serta bitamin yang cukup agar kucing dan calon bayinya tetap sehat.

  4. Alergi dengan Makanan

    Jangan pernah sepelekan alergi yang ada pada kucing karena alergi akan berkepanjangan. alergi merupakan sebab yang paling umum untuk membuat kucing muntah, jadi teliti saat memberi kucing makanan ya!

Cara Menyembuhkan Kucing Muntah Kuning

Cara Menyembuhkan Kucing Muntah Kuning
Image Source. http://lovecatsworld.com/

Setelah mengetahui penyebabnya, anda baru boleh mencari tahu cara mengatasi dan menyembuhkan muntah kuning pada kucing.  Ada berbagai cara untuk menyembuhkan kucing muntah sesuai dengan penyebabnya. Namun jika dirasa tidak yakin untuk menyembuhkan kucing sendiri cepa-cepat saja bawa kucing ke dokter hewan atau petcare terdekat agar di tangani oleh yang lebih ahli, meskipun harus mengocek uang lebih dalam ya!

Baca Juga :  Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing Anggora

  1. Jauhkan Penyebab Kucing Muntah Kuning

    Karena muntah pada kucing bisa lanjut berkepanjangan saat alergi, maka kita harus menjauhan kucing dari hal yang membuatnya muntah kuning. Kucing Tidak mau Makan dan Muntah Kucing akan sedikit demi sedikit sembuh dan berkurang frekuensi muntahnya. Coba juga dengan membersihkan lingkungan dan tempat makan, minum serta buang air kucing untuk meminimalisir virus penleukopina.

  2. Bawa Ke Dokter

    Jika selama 24 jam kucing tidak kunjung sembuh dari muntah, segera bawa ke dokter terdekat. Atau anda juga bisa mempuasakan kucing selama 12 jam untuk melihat apakah kucing sudah sembuh dari sakitnya atau belum. Jika selama masa uasa si kucing mengeong minta makan sudha bisa dipastikan bahwa kucing sembuh dari muntah kuningnya, namun jika tidak kunjung rewel maka wajib membawa kucing ke dokter.

    Dengan membawa kucing ke dokter, kucing akan ditangani secara tepat dan cepat namun tetap harus mengambil biaya yang lebih mahal. Meskipun begitu, dokter juga dapat mencegah penyakit yang lebih serius pada kucing.

Baca Juga :  Makanan dan Minuman Yang Berbahaya Bagi Kucing

Begitulah Penyebab dan Cara menyembuhkan Kucing Tidak Mau Makan dan Muntah Kuning yang telah kami kumpulkan. Yang pasti anda harus memperhatikan kucing dan apa yang ia makan serta lingkungan tempat aktifitas kucing setiap hari karena bisa jadi si kucing memakan sembarangan barang atau makanan yang dapat membuatnya sakit.

Leave a Reply

%d bloggers like this: