Kucing Jamuran

Kucing Jamuran – Menjadi hewan yang banyak di sukai masyarakat, kucing perlahan mulai eksis dimana-mana. Banyak pula masyarakat Indonesia yang mulai memelihara kucing dirumahnya. Dengan banyaknya kucing yang diadopsi dirumah, maka banyak pula petcare dan petshop yang muncul. Bahkan Dokter Hewan pun mulai bermunculan dan berkembang.

Nah, karena kucing sudah menjadi hewan yang favorit di Indonesia maka kalian sebagai catlovers juga harus tahu penyakit apa saja yang dapat menyerang kucing agar kita dapat menanganinya dengan baik. Dan penyakit yang sering dijumpai adalah Penyakit Kucing Jamuran. Pasti sudha tidak asing kan melihat kucing kampung berkeliaran dengan jamur di tubuhnya? Dan itu juga bisa terjadi pada kucing rumahan anda loh!

Kucing Jamuran

Kucing Jamuran
Gambar Kucing Jamuran Cr. https://wagwalking.com

Lalu Kucing Jamuran Obatnya apa? Ada banyak obat yang bisa di gunakan untuk mengatasi kucing jamuran loh, tergantung seberapa parahnya kucing jamuran dan tentunya budget anda! Dan jangan anggap remeh karena penyakit ini juga bisa mebuat anak kucing jamuran, tidak hanya kucing dewasa saja. Bahkan Bayi kucing jamuran pun bisa terjadi. Kalau begitu ayo kita lihat cara mengobati kucing jamuran secara alami.

Baca Juga :  Kucing Sakit Mata

  1. Minyak Tawon

    Minyak Tawon dipercya dapat membantu mengobati jamur pada kucing dan dipilih karena minyak tawon tidak terlalu panas saat dipakai. Minyak tawon biasanya mampu mengurangi rasa gatal yang diakibatkan jamur. Oleskan secukupnya jangan terlalu banyak agar rasanya tidak terlalu panas. Dan pakai secara teratur ya!

  2. Sulfur atau Belerang  0.5 – 5%

    Biasanya Belerang dipakai ketika mengobati kucing jamuran parah. Biasanya di toko hewan dan dokter hewan kamu akan di berikan Belerag dengan konsentrasi 0.5-5%. Cara mengaplikasikannya sama seperti memberi shampoo pada kucing saat mandi, lalu gosok-gosok badan kucing dan jangan sampai air belerang terkena mata, hidung dan telinga.Namun penggunaan belerang sebagai obat juga memiliki efek samping yaitu hilangnya nafsu makan kucing yang diakibatkan oleh bau menyebgat dari belerang. Maka dari itu kita harus menjaga kucing juga agar tidak terkena penyakit lainnya karena nafsu makannya menurun. Gunakan belerang saat mandi saja ya! Kalau tidak, semprotkan saja belerang pada badan kucing dengan alat penyemprot.

  3. Obat Ketoconazole

    Obat satu ini biasanya digunakan jika ingin kucing anda lepas dari jamur secara cepat. Obat ini dapat mengobati jamur lebih cepat dari lainnya. Dengan menyampurkan obat kedalam makanan kucing yang berlemak agar penyerapannya optimal. Namun obat ini mempunyai efek samping sementara berupa mual, muntah dan turunnya nafsu maka.

Ciri Kucing Jamuran

Mungkin dianatar kita masih ada yang belum mengerti sepenuhnya ciri-ciri kucing jamuran yang benar, atau kamu masih ragu bahwa kucing kamu jamuran? Kucing jamuran biasaya terlihat pada kulit dan bulu kucing tersebut. Bulu kucing jamuran akan terlihat menggumpal dan rontok. Dan bisanya telinga kucing jamuran yang banyak ditemukan dari pada di daerah badan yang lainnya.

Baca Juga :  Tanda Kucing Jamuran

  1. Ruam

    Jamur biasanya akan membuat kulit kucing menjadi ruam karena kering dan berjamur. Ruam tersebut berwarnakemerahan dan ada di kulit yang berjamur dan sekitarnya. Untuk kucing yang berbulu pendek-pendek tanda kulit ruam gampang dideteksi, nmun untuk kucing berbulu lebat tanda ini susah dilihat, kita harus siap mengeceknya.

  2. Bau tidak Enak

    Penyakit jamur ini akan menghasilkan bau yang tidak sedap pada kucing karena infeksinya. Bau tidak enak itu akan semakin menyengat ketika penyakit jamur juga menyebar dan semakin parah. Sangat mengganggu kan? Virus ringworm pada jamur akan menggerogoti kucing dan menghasilkan bau yang tidak enak ini, duh harus cepat-cepat dibereskan nih.

  3. Bulu Rontok

    Disebabkan oleh ruam, bulu kucing akan menjadi mudah rontok. Luka yang parah karena jamur akan merontokkan bulu-bulu yang halus tersebut dan menyisakan botak yang agak parah dan kulit ruam yang merah-merah. tentu kucing akan menjadi tidak enak dilihat kan ketika botak? Maka dari itu penyakit jamur menjadi musuh yang paling menyebalkan bagi catlovers.

  4. Malas beraktifitas

    Biasanya kucing yang sedang terkena penyakit jamur akan menjadi 2x lebih malas dari biasanya. Ini dikarenakan kucing lelah seharian menggaruk dan juga capek karena rasa yang tidak nyaman. Jamur akan membuat rasa gatal dan juga bau yang tidak sedap dan mengganggu indra sensitif kucing. Mereka akan lebih gencar menggaruk bagian mereka yang terkena jamur. Huh, bagaimana ya jika tambah parah?

  5. Kuku berubah Warna

    Jamur tidak hanya akan menyerang Kulit dan bulu kucing bahkan kuku kucing yang terinfeksi jamur juga akan berwarna kuning. Ini bisa mejadi patokan apakah kucing ada penyakit jamur atau tidak loh selain dengan melihat kulit dan bulunya! Kukuc tersebut akan berubah warna menjadi kuning dan sedikit rapuh sehingga gampang sekali patah.

Baca Juga :  Kucing Tidak Mau Makan

Itulah cara mengobati kucing jamuran yang ampuh dan ciri kucing jamuran yang banyak terjadi. Jangan lupa untuk membersihkan kandang dan lingkungan kucing agar tetap terjaga dari jamur dan kotoran lainnya ya! Jamur kucing biasanya hadir karena kucing tidak bersih, jadi mandian kucing secara teratur setiap 2-1 minggu sekali agar ia tetap bersih dari kuman dan jauh dari penyakit.

Kucing Jamuran Parah

Jika kucing anda jamuran parah sekali, maka penanganannya pun sedikit lebih spesial. Maka dari itu bacalah artikel Kucing Jamuran parah yang akan membertahu Penyebab Kucing Jamuran Parah, Cara mengobati kucing jamuran parah dan Ciri Kucing Jamuran parah serta cara perawatannya. Kalau sudah parah akan semakin lama juga loh waktu pengobatannya.

Kucing Jamuran Parah

Telinga Kucing Jamuran

Bagaimana jika telinga kucing jamuran? Ya pasti karena jamur kucing memang lebih sering menyerang bagian kepala dan perut kucing! Cara penangannya juga sedikit berbeda seperti memberikan elizabethan colar pada kucing agar ia tidak menggaruk telinganya dan kakinya pun menjadi tertular jamur. Telinga kucing jamuran biasanya terjadi pada anakan kucing loh.

Telinga Kucing Jamuran

Ciri Kucing Jamuran

Belum yakin kucing anda terkena jamu? Cari tahu 11 Ciri Kucing Jamuran yang biasanya terjadi pada kucing! Ciri-ciri yang lengkap tersebut akan membantu memastikan kucing jamuran atau tidak.

Ciri Kucing Jamuran

Tanda Kucing Jamuran

Selain ciri, terdapat 8 Tanda kucing jamuran yang wajib kita ketahui karena sebelum memperparah keadaan, kita sebaiknya mencegah jamur tersebut berkembang biak lebih cepat. Kucing yang jamuran biasnaya memiliki tanda di bulu dan perilakunya yang lebih malas dan tidakmau makan.

Tanda Kucing Jamuran

Cara mengobati Kucing Jamuran

Setelah tanda dan ciri sudah pasti, selanjutnya obati kucing dengan 16 Cara mengobati Kucing jamuran yang pastinya ampuh! namun mengobati kucing jamuran harus dengan sabar yang ekstra karena jamur kucing termasuk penyakit yang membutuhkan waktu untuk pergi.

Cara Mengobati Kucing Jamuran

Jamur akan hadir ditempat yang lembab dan kotor seperti baskom kucing untuk buang air dan lain-lain. Parahnya jamur ini dapat menular ke kucing lain jadi pisahkan kucing sehat dan kucing jamuran agar tidak menular kemana-mana dan juga jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan saat merawat kucing jamuran. Ada yang bilang penyakit jamur ini juga dapat menyerang manusia!

Leave a Reply

%d bloggers like this: