Harga Alat Musik Tradisional

Harga Alat Musik Tradisional – Musik memang sudah menjadi salah satu komponen penting dalam hidup manusia. Rasa-rasanya hidup kita akan kurang berwarna jika tidak ada musik yang mengiringi. Karena jaman sekarang kita suda bebas mendengarkan musik di mana pun, dengan gear apapun.

Musik juga pasti di buat dari beberapa alat musik yang digabung. Sementara, di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis alat musik. Ada juga Alat Musik Tradisional yang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Alat musik tradisional biasanya selalu ada di daerah yang membesarkannya. Yuk kita cari tahu apa saja!

Harga Alat Musik Tradisional

Harga Alat Musik Tradisional
Gambar Alat Musik Tradisional

Di Indonesia sendiri, ada beberbagai jenis budaya. Di setiap kebudayaan itu juga memiliki Alat Musik Tradisionalnya sendiri-sendiri kan? Sebagai bangsa Indonesia kita juga harus tahu apa saja alat musik Tradisional yan gkita miliki kan? karen akita harus melestarikannya agar tidak punah!

Berikut adalah macam-macam harga alat musik Tradisional.

1. Harga Alat Musik Tradisional Angklung

Alat Musik yang sudah terkenal hingga kancah internasional ini berasal dari Jawa Barat. Angklung termasuk dalam alat musik Ideofon yang artinya bunyi berasal dari alat itu sendiri. Alat musik satu ini sangat populer di kalangan turis luar dan para pecinta musik lainnya. tentu saja karena angklung begitu unik dan menarik.

Satu angklung biasanya hanya dapat menghasilkan satu nada saja loh. Maka dari itu angklung bianya di mainkan satu set daan juga dibunyikan dengan cara di goyang-goyangkan. Unik kan? Harga angklung bervariasi, sekitar Rp. 150.000

2. Harga Alat Musik Tradisional Batak Toba

Alat musik Batak Toba memiliki 8 anggota. Seperti Sarune Bolo, Pangora, Garantung, Taganing, Hapetan, Gondang, Ihutan, dan juga Odap. Alat Musik berikut memiliki cara bermain yang berbeda-beda loh! ada yang dipukul, di petik dan juga di tabuh. Bentuknya jug aberbeda-beda setiap alat musik.

Batak Toba biaanya dimainkan ketoika memiliki acar Tradisioal dan juga adat yang sakral. Namun sepertinya jaman ekarang batak Toba juga di gunakan untuk sarana hiburan kok. Harga per set Batak Toba Rp. 200.000

3. Harga Alat Musik Tradisional Calung

Salah satu alat musik yang berasal dari Sunda ini merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Calung sangat populer di Jawa Barat dan biasanya di mainkan bersamaan dengan angklung. namun, calung di mainkand engan cara di pukul dengan tongkat pemukulnya.

Berbeda dengan Angklung yang di goyangkan. Calung mempunyai dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing. Cara memainkannya tetap sama kok dengan di pukul. Hanya saya pemainnya bisa berdiri/duduk sesuai dengan jenisnya. Harga calung skeitar Rp. 120.000

4. Harga Alat Musik Tradisional Canang

Canang merupakan alat musik yang berasal dari Aceh. Lebih di kenal sebagai bande dan hampir dapat di temukan di seluruh penjuru Indonesia. Biasanya Canang dipakai untuk keperluan adat seperti pesta dan penyambutan seorang peguasa yang datang ke daerah tersebut.

Mesikpun berbentuk sama seperti gong, cara menggunakannya berbeda, jika gong di gantung dan ukurannya besar. Maka canang diletakkan begitu saja dan berukuran lebih kecil. Suara pun lebih cempreng. Kalau mau tau harganya, Harga canang ini sekitar Rp. 10.000.000

5. Harga Alat Musik Tradisional Gamelan

Gamelan merupakan alat musik set yang berasal dari jawa. Gamelan memeiliki beberapa anggota dan tentu saja dimainkan secara berkelompok. Ada ketua dari Gamelan ini biasanya memainkan kendang dan duduk di tengah saat pertunjukkan. Sementara kendang tentu saja menjadi jantung dari gamelan.

Biasnaya dalam pertunjukan ada 8 anggota gamelan yang ikut memeriahkan. Setiap gamelan tersebut di mainkan dengan cara yang berbeda-beda, ada yang dipukul, ditabuh dhingga di tiup. Ada juga alat musik gamelan yang di ketuk loh! Harga dari gamelan set biasanya Rp. 70.000.000

6. Harga Alat Musik Tradisional Gendang

Ada dua gendang yang ada di Indonesia, Gendang yang berasal dari Yogyakarta dan juga Gendang yang berasal dari banten. Meskipun asalnya berbeda, cara memainkannya tetap sama! yaitu dengan di tabuh dengan telapak tangan ya. gandang ini merupakan alat musik Membranfone.

Gendang juga bisanya terbuat dari kulit sapi loh! namun untuk jaman yang lebih maju, ada beberapa gendang yang berbahan fiber kulit di membrannya. Suaranya pun sedikit banyak berbeda dari gendang. Harga alat musik tradisional kendang satu ini bervariasi, sekitar Rp. 200.000

7. Harga Alat Musik Tradisional Gong

Gong berasal dari awa barat. Gong sangat mudah dikenali karena bentuknya yang besar dan jumbo. Jangan salah ya, kalau gong itu tetap pada keluarga jenis alat musik membrafone loh! cara memainkan gong ini ialah dengan di pukul. Bunyi gong sangat keras dan menggema.

Gong biasnaya di gantung oleh kayu atau besi. Ada juga loh gong mini yang biasa di sebut Jengglong, biasnaya di pakai untuk mengiringi gong dan memiliki beberapa anggota juga! Harga musik tradisional jawa gong ini cukup bervariasi. Sekitar Rp. 1.500.000

Daftar Harga Alat Musik Tradisional Terbaru

Alat MusikKondisiHarga
Angklung 1 OktafBaruRp 150.000
Gong 60cmBaruRp 1.670.000
Kendang Ketipung MahoniBaruRp 165.000
Gamelan Pelog SetBaruRp 65.000.000
Canang AcehBaruRp 12.500.000
CalungBaruRp 110.000
Batang Toba SulingBaruRp 220.000

Harga diatas tentu saja dapat berubah sewaktu-waktu ya. Jangan lupa untuk selalu mencek harganya setiap hari dan setiap saat gar kamu tetap up to date dengan harganya. kamu bisa mencari alat-alat musik diatas di berbaai marketplace offline maupun online!

Leave a Reply

%d bloggers like this: