Harga Alat Musik Sasando

Harga Alat Musik Sasando – Indonesia memang mempunyai banyak sekali kebudayaan dan bahasa daerah. Kebudayaan daerah salah satunya adalah Sasando dari Nusa Tenggara Timur. Sasando artinya getaran atau bunyi dan berupa nama panggilan dari Masyarakat Rote.

Dulunya, Sasando diberi nama Sandu dan masyarakat mulai memanggilnya Sasandu. Menurut cerita turun menurun, ada seseorang dari jauh yang pintar bermain musik. Suatu hari putri kerjaan tersebut meminta si orang tersebut untuk membuat alat musik indah yang belum ada di dunia.

Lalu terbuatlah Sasando ysng awalnya dinamakan Sandu dan pertamakali dimainkan dengan lagu Sari Sandu. Putri kerjaan tersebut sangat menyukainya lalu sasando diberikan kepadanya. Oleh putri, Sasando diberi nama Depo Hitu.

Harga Alat Musik Sasando

Harga Alat Musik Sasando
Gambar Alat Musik Sasando

Sasando di sinyalir sudah ada sejak abad 7 dan terbuat dari bahan-bahan yang unik. Badannya terbuat dari bambu dan pohon lontar, namun senarnya tetap berbeda. Bentuknya sama seperti alat petik pada umumnya. Namun bentuk badannya lah yang unik sekali.

1. Harga Alat Musik Sasando Elektrik

Dijaman yang semakin maju ini, semua bisa terjadi. Banyak hal yang dibuat versi modernnya sehingga kita semakin di permudah. Sasando elektrik pun hadir! Sasando dengan alat tambahan yang mampu menyambungkan Sasando pada sound sistem.

Alat elektrik tersebut membuat Sasando dapat mengahsilkan suara yang lebih besar dan jaungakaunnya lebih luas. Sasando eletrik sangat cocok dimainak saat pentas pertunjukakn yang besar. Harga Sasando eletrik sekitar Rp. 7.000.000

2. Harga Alat musik Sasando Gong

Semua pemain sasando biasanya diharuskan dapat memainkan Sasando dengan jenis nada yang berbeda-beda. Seperti halnya Sasando Gong yang memiliki suara mirip dengan Gong. Sasando yang memiliki suara berbeda-beda ini dipakai sesuai kebutuhan pertunjukkan.

Bisa loh pemaian sasando berganti-ganti sasando saat tengah manggung. Karena lagu yag dibawakan pasti juga berbeda-beda kan? Ada pula Sasando Biola, dan juga Sasando Dobel yang dapat mengahasilkan nada seperti dua buah sasando. Harganya sekitar Rp. 4.000.000

3. Harga Alat Musik Sasando Engkel

Sasando pada umumnya memiliki senar yang banyak sekali. Tidak seperti gitar yang dawainya hinga dua belas (12), Sasando Engkel memilik jumlah dawai hingga 28 senar. Banyak sekali kan? tapi kamu tahu tidak jumlah dawai sasando yang lain?

Sasando dobel ternyaat memiliki banyak dawai hingga 84 dawai! wah apa tidak pusing ya saat memainkannya? Padahal bemain gitar yang hanya enam senar saja sudah kesusahan. haha. Harga Sasando engkel ini sekitar Rp. 1.250.000

Fungsi Sasando

harga alat musik sasando elektrik
Gambar alat musik sasando elektrik

Seperti alat musik lainnya, Seni musik dai Sasando ini juga menghasilkan beberapa fungsi yang dapdat dipelajari lebih jauh loh! Fungsi Sasando tentu saja sangat bergunbagi banyak orang! Yuk cari tahu apa saja fungsi Sasando!

1. Fungsi Hiburan

Biasanya musik akan membuat mood pendengernya membaik. Itu sebabnya Sasando menjadi hiburan bagi pendengarnya. Sebagai hiburan saat pertunjukan upacar tradisional, dan sebagai pengiring lagu-lagu yang ada di pentas seni.

2. Fungsi Terapi

Ada yang mengatakan bahwa dahulu sasando juga sempat di jadikan sarana untu terapi. Dulunya Sasando digunakan untuk sarana penyembukan penyakit dan wabah yang sedang terjadi di Daerah sekitarnya. Nyatanya memang suaranya membuat kita nyaman.

Daftar Alat Musik Sasando Terbaru

Alat MusikKondisiHarga
Sasando 24 Senar (Non Elektrik)BaruRp. 600.000
Sasando elektrik double stringBaruRp. 6.500.000
Sasando Elektrik 54 StringsBaruRp. 5.500.000
Sasando Elektrik 60 StringsBaruRp. 7.500.000
Sasando Akustik 24 Senar Dengan StandBaruRp. 1.750.000
Sasando 24 SenarBaruRp. 1.250.000
Sasando 54 Strings Elektrik Stand & HardcaseBaruRp. 7.500.000

Harga tersebut yang berada ada diatas biasanya dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Sasando telah berlabuh hingga kancah Internasional sheingga kamu akan gampang mencarinya di toko-toko musik tradisional. Tapi tenang! Harganya cukup sekali di kantong kita kok.

Bahkan banyak juga marketplace yang telah menjual Sasando. Tidak hanya Offline store. Siapa isangka kalau Offline store juga mulai membuka online order sih? Kamu bisa memsan Sasando secara custom sesusai kemauanmu!

Leave a Comment