Harga Alat Musik Saron

Harga Alat Musik Saron – Musik galeman mempunyai banyak anggota salah satunya adalah saron. Alat musik ini menjadi alah satu alat musik gamelan yang petig karena menghasilkan suara yang sangat kencang dan merdu. Tidak akan lengkap karawitan tanpa saron.

Dalam musik gamelan, saron merupakan alat musik yang berbentuk unik dengan enam hingga tujuh bilah. Kerangkanya terbuat dari kayu dan bilahannya bernada satu oktaf hingga tujuh oktaf tergnatung banyaknya bilah.

Harga Alat Musik Saron

Harga Alat Musik Saron
Gambar Alat Musik Saron

Saron biasanya di pukul atau di tabuh dengan menggunakan tabuhan yang terbuat dari kayu atau gading. Sering disebut Panakol. Saron adalah alat musik yang bersuara nyarin dan keras. Perangkat gamelan ini memiliki beberapa jenis, setiap jenis mempunyai harga yang berbeda-beda.

1. Harga Alat Musik Saron Barung

Saron barung ini adalah jenis sarong yang ukurannya sedang. Saron Barung dimainkan dnegan wilayah yang terbatas dan juga dimainkan dnegn atempo yang cepat saat teknik tabuh imbal-imbalan. Biasanya pertunjukkan gamelan memiliki satu hingga dua saron barung.

Saron barung sangat cocok untuk mengiringi pertunjukkan wayang. Gamelan juga biasanya memiliki saron brung yang memiliki hingga sembilan bilah loh satunya. Sementara itu Harganya Alat Musik Barung saron sekitar Rp.

2 Harga Alat Musik Saron Demung

Nah kalau Saron Demung ini adalah Saron yang berukuran paling besar dari Jenis Saron-Saron lainnya! Saron Demung memainkan balungan gendhing di wilayah yang terbatas. Nah kalau untuk gamelan di kraton, Saron Demung biasanya berjumlah lebih dari dua.

Umumnya Saron terbuat dari kulit binatang, sama seperti Saron-Saron yang lainnya. Saron Demung sering di pakai untuk mengiringi berbagai acara tradisional. Harga dari Saron Demung ini agak mahal karena harus memesan custom, harganya sekitar Rp.

Baca Juga :  Harga Alat Musik Sasando

3 Harga Alat Musik Saron Panerus

Kalau Saron Panerus adalah jenis Saron yang paling kecil. Namun dengan umurnya yang kecil ini Saron panerus dapat menghasilkan nada yang beroktaf tinggi.

Saron Paners juga sering di sebut Saron Peking saking tinggi dan melengkingnya saron tersebut. Dalam lagu gendhing, Saron Panerus berusaha menguraikan lagu balungan. Harga dari Saron Panerus ini sekitar Rp.

Cara Bermain Saron

Ternyata dalam bermain saron ada beberapa teknik yang harus kita pelajari. Saron sendiri memiliki teknik memainkan yang tak kalah unik dengan alat musik lainnya. Yang terpenting kita harus mempunyai Saron dan tabuhannya terlebih dahulu.

Teknik yang paling benra dan sering digunakan adalah dengan memukul Saron dengan tabuhan dengan tangan kanan dan yang lalu bilahnya akan dipegang oleh tangan kiri agar suara getarannya terhenti. Sehingga kita dapat memukul bilahan yang lainnya tanpa ada getaran yang bertabrakan.

Sementara itu, Saron biasa di beri komando oleh Gendang. Cara memainkan gamelan juga tergantung oleh tema intrument itu, jika bertema peperangan maka permainan saron akan keras dan cepat. Sementara Gamelan untuk militer Saron akan dimainkan dnegan tegas namun lambat.

Daftar Harga Alat Musik Saron Terbaru

Alat MusikKondisiHarga
Saron DemungBaruRp. 15.000.000
Pemukul Saron DemungBaruRp. 25.000
Saron MiniBaruRp. 28.000
Saron PanerusBaruRp. 20.000.000
Saron BarungBaruRp. 6.500.000

Saron telah menjadi instrumen yang penting bagi permaianan Gamelan. Untuk itu memilih saron yang tepat untuk kamu mainkan sangat penting. Harus sesuai dengan kebutuhan ya! Biasanya ada supplier dan juga produsen yang khusus menjual alat musik gamelan.

Harganya dapat berubah-ubah seusai dengana kondisi lapangan, kualitas dan jasa dari produsen tersebut. Semakin mahal tentu saja semakin bagus kualitas dari Saron bukan? Kamu juga bisa melihat harganya di Internet kok!

Leave a Reply

%d bloggers like this: