Harga Alat Musik Rebana

Harga Alat Musik Rebana – Siapa sih yang tidak tahu rebana? Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari zapin ini sudah eksis di waktu yang lama. Rebana sudah melekat kuat dengan suasana islami.

Alat Musik Rebana

Bentuk rebana hmpir sama seperti kendang, namun berukuran lebih kecil dan lebih pipih. Sangat mudah dipegang dan dimainkan loh. Rebana juga ada di Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam. Cara memainkannya dengan di tepuk pada membrannya.

Harga Alat Musik Rebana

Membran rebana terbuat dari kuliat hewan dan badannya tebuat dari kayu. Namun ada juga Rebana dengan membran yang terbuat dari plastik. Ukuran rebana bermacam-macam dan suaranya pun menjadi bervariasi pula.

Berikut jenis-jenis rebana yang ada dan juga harganya!

Harga Alat Musik Rebana Ketipung

Ketipung adalah harga alat musik rebana yang terbuat dari kayu yang dibubut dan berdiameter 20 hingga 40 cm. Sekilas mirip dengan gendang namun lebih kecil ukurannya. Ketipung sering di gunakan untuk mengiringi musik Melayu, Dangdut dan Keroncong.

Harga Alat Musik Ketipung mulai dari Rp. 2.430.000

Harga Alat Musik Rebana Biang

Sedikit unik, rebana biang biasa di gunakan oleh masyarakat khas betawi. Rebana ini berukuran lebih besar dari rebana pada umumnya. yang paling kecil berdiameter 30cm dan yang aling besar bisa hingga 90cm.

Rebana biang yang besar biasanya digunakan sebagai gong dan dimainakn dengan kaki. Sementaar yang kecil tetap dengan telapak tangan. Harganya mulai dari Rp. 1.125.000

Harga Alat Musik rebana Burdah

Rebana yang satu ini beken pada masanya karena biasa dimainkan untuk mengiringi Qaidah atau Puisi Arab. Biasanya rebana jenis Burdah ditemungan di daerah Kuningan, Mampang, dan Jakarta Barat. Rebana Burdah sering dimainkan saat acar pengajian.

Harganya mulai dari Rp. 2.300.000

Harga Alat Musik Rebana Dor

Rebana Dor adalah salah satu rebana dengan keunikan tersendiri. Ia mempunyai lubang untuk tempat jari-jari di kelongkongannya. Sehingga, rebana ini lebih mudah dipegang dan dimainkan.

Harga Rebana ini mulai dari Rp. 1450.000

Harga Alat Musik Rebana Kasidah

Rebana yang satu ini adalah erkembangan lebih lanjut dari Rebana Dor. Rebana ini bebas dimainkan pada acara apa saja dan dengan bahasa apa saja. Untuk itu rebana ini menjadi lebih populer sedikit.

Harga Reban Kasidah mulai dari Rp. 3,400.000

Harga Alat Musik Rebana Ketimpring

Nah kalau rebana jenis ini sering kita lihat karena bentunya yang tidak biasa. Ada kerincingan yang terpadang di kelongkongan Rebana Ketimpring, sehingga memeriahkan lagu yang dibawa. Rebana ini ada 3 macam dan dimainkan dalam bentuk grup.

Garga Rebana ketimpung mulai dari Rp. 1.200.000

Cara Bermain Rebana Dengan Benar

Sebenarnya bermain rebana tidak susah-susah banget kok, kamu hanya perlu memukul tepat di membran dengan telapak tangan. Untuk kamu yang pemula, bisa mencoba tip berikut.

Latihan bersama dengan grup

Untuk pemula yang berkelompok cobalah bermain rebana dengan bersahut-sahutan. Jangan dengan tepukan yang sama. Ini akan melatih keharmonisan suara rebana.

Tahu Teknik memukul dengan Benar

Usahakan benar saat memegang rebana, pukulan tidak boleh terlalu kuat karena hanya akan menghabiskan tenaga. Pukulan yang benar juga akan mambuat tangan tidak sakit kok.

Mengetahui Jenis Rebana

Biasanya jenis rebana mempengaruhi cara bermainnya, jadi kamu harus ahu terlebih dahulu jenis-jenis rebana agar dapat di pukul dan dimainkan dengan benar.

Daftar Harga Alat Musik Rebana Terbaru

Alat MusikKondisiHarga
Rebana 1 set BaruRp 1.200.000
Rebana Hadroh Ukir BaruRp 1.500.000
Rebana Jawa BaruRp 2.000.000
Reban Bass ceper BaruRp 400.000
Kendnag Tumbuk Batu Motif BaruRp 500.000

Harga rebana diatas bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung oleh nilai tukar internasional. Kamu bisa membeli rebana di marketplace atau toko alat musik. Banyak kok yang mulai memproduksi rebana di Indonesia. Selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: