Harga Alat Musik Gambus

Harga Alat Musik Gambus – Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu saja mengenal alat musik satu ini, kan? Gambus adalah alat musik petik yang biasanya memiliki 3 senar. Digunakan untuk mengiringi tarian zapin bersama dengan Gendang.

Gambus berasal dari Timus tengah namun mulai heboh di Indonesia beratus tahun yang lalu. Meskipun hanya ada satu variasi, pengiring gambus brbeda-beda disetiap daerahnya loh. Orkestra Gambus pun sedang berbinar kembali setelah pernah redup.

Harga Alat Musik Gambus

Harga Alat Musik Gambus
Gambar Alat Musik Gambus

Karena termasuk alat musik tradisional yang populer, gambus mudah ditemukan di Indonesia. Namun beda toko dan pembuat maka beda juga harganya kan? Sebelum kamu membeli Gambus, cek dulu yuk haranya disini.

1. Harga Alat Musik Gambus 3 Senar

Gambus 3 senar adalah gambus yang paling banyak beredar di pasaran. Karena Gambus 3 senar dinilai lebih mudah dimainkan. Tidak membuat bingung dengan banyaknya senar! Gambus ini populer sekali di kalangan orkestrawan tradisional.

Harga Alat Musik gambus 3 Senar mulai dari Rp. 250.000

2. Harga Alat Musik Gambus 12 Senar

Nah, kalau Gambus 12 senar sekarang sudah mulai populer juga! Tentu karena Gambus ini lebih menantang saat dimainkan dengan 12 senar. Biasanya para profesional yang sudah memainkan gambus ini loh. Banyak juga anak muda yg ikut mencobanya.

Harga Gambus 12 Senar Rp. 450.000 hingga Rp. 1.500.000.

3. Harga Alat Musik Gambus Elektrik

Karena jaman sudah modern, maka alat musik juga harus mengikuti perkembangan zaman. Maka lahirlah Gambus Elektrik! gambus eletrik adalah gambus yang dapat dimainkan dengan di smabugkan dengan kabel dan juga aplifier.

Harga Gambus elekrik Rp. 2.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Baca Juga :  Harga Alat Musik Launchpad

Cara Memainkan Gambus

Bentuknya hampir sama denga gitar, begitu pula cara mainnya. Gambus dimainkan dengan di petik. Senarnya memiliki nada yang tentu saja berbeda dari gitar. Jadi suara yang dihasilkan juga berbeda.

Banyak yang bilang mempelajari gambus lebih sulit dari pada gitar karena alat musik ini belum banyak yang ahli. Jadi berlatihlah dengan giat dan teratur agar kamu bisa menguasai Gambus dengan baik dan benar ya!

Ciri-Ciri Gambus

Ciri-Ciri Gambus
Ciri-Ciri Gambus

Sebenarnya, gambus memiliki beberapa ciri-ciri yang harus kamu ketahui agar tidak salah saat membelinya. Berikut ini ciri-ciri gambus dan bentuknya yang ada dipasaran!

  • Bentuknya hampir sama dengan gitar. Umumnya, Gambus berbentuk seperti telur yang di belah dua, fisik lainnya sama seperti gitar.
  • Senarnya bervariasi. Kamu bisa mendapati gambus dengan 3 snear, 6 senar, 4 senar hingga yang paling banyak adalah 12 senar.
  • Digunakan sebagai sarana dakwah dan hiburan. Karena berasal dari Timur Tengah, gambus juga ikut andil dalam membantu para ulama berdakwah loh.
  • Gambus untuk Orkestra. Dalam grup musik tradisional di Indonesia, gambus banyak digunakan loh
  • Memiliki pahatan yang cantik dan indah, itu sebabnya banyak pemusik yang ingin menguasai gambus!
  • Panjangnya bisa hingga 1 meter, gambus juga bisa setebal 10 cm. Sangat jauh kan dengan gitar biasa?

Ciri diatas adalah ciri standar gambus. Banyak kok pembuat gambus yang memodifikasi gambus yang mereka buat. Bahkan sudah banyak gambus-gambus custom yang diberi improvisasi.

Pembuatan Gambus

Biasanya gambus dibuat dengan menggunakan teknik tradisional, namun setelah perkembangan jaman Gambus mulai di produksi secara modern. Namun, bahan dasarnya tetap menggunakan kayu kok.

Kayu yang di gunakan biasanya dari batang kayu nangka yang kemudian di lubangi dan kemudian di amplas. Jangan lupa juga untuk mengukir bagian gambus agar terlihat bagus. Setelah itu lapisilah gambus dengan minyak kelapa dan kulit binatang.

Baca Juga :  Harga Alat Musik DJ

Nah jika gambus sudah siap, diamkannya beberapa saat untuk mengecek kuatnya senar terpasang. Mengatur setelan Gambus biasanya menggunakan setelah ADGC. Namun untuk gambus di Riau di setel GDGC dan ada juga yang menggunakan GAB-DAE.

Daftar Harga Alat Musik Gambus Terbaru

Alat Musik KondisiHarga
Gambus 12 SenarBaruRp. 450.000
Gambus ElektrikBaruRp. 2.000.000
Gambus Oud Semi ElektrikBaruRp. 1.400.000
Gambus Pream Tuner CroumaticBaruRp. 1.350.000
Gambus Ous Godin ModifBaruRp. 1.900.000

Gambus sekarang bisa di temukan di Marketplace yang berserver di Indonesia loh! Kamu juga bisa menemukan Gambus di toko musik dan penjual gambus pro yang menerima custom. tentu saja harga gambus custom bisa lebih mahal dari harga gambus yang biasa,

Leave a Reply

%d bloggers like this: