Harga Alat Musik Calung

Harga Alat Musik Calung – Dalam kesenian Alat musik d Jawa Barat, Calung banyak sekali di pakai dalam tradisi adat. Calung berbentuk hampri sama seperti Angklung, bahkan bahan baku pembuatannya pun terbuat dari bambu dan hampir disusun sama juga.

Tapi ternyata calung tidak hanya ada di Jawa barat loh! Di Jawa Tengah tepatnya Banyumas, terdapat juga calung. Meskipun sempat menjadi idola pada masanya, sekarang calung sudah tertinggal lama karena faktor kemajuan teknologi. Ia dengan mudah tergeser.

Harga Alat Musik Calung

Harga Alat Musik Calung
Gambar Alat Musik Calung

Calung terbuat dari bambu yang berbentuk seilinder, secara visual mirip sekali dengan angklung. Bedanya, calung ini dimainkan dnegan cara di ketuk dengan alat ketuknya. Calung tidak diketuk secara sembarangan karena setiap bilah juga terdapat nada yang berbeda-beda.

Dahulu Calung termausk alat musk yang sangat populer dan banyak diminati sehingga calung berekembang pada masanya. Namun di jaman modern ini sudah jarang yang bermain calung. Bila kamu mau mulai membeli calung lihat dulu harganya disini!

1. Harga Alat Musik Calung Jingjing

Calung Jingjing terbuat dari bambu dan mempunyai bilangan yang banyak dan nada yang bervariasi. Uniknya, Calung jingjing ini dirangkai atau disatukan hanya dengan satu bambu panjang. Dalam satu pentas biasanya terdapat empat sampai lima Calung Jingjing.

Anakan dari Calung Jingjing adalah Calung kingking, Calung panepas, Calung jongjrong, dan Calung gongong. Cara memainkan yaitu dengan di pukul dengan alat pemukulnya.

Sementara untuk ditabuh, ada beberapa cara seperti dimelodi, dikeleter, dikemprang, dikempyung, diraeh, dirincih, dirangkep dan di solorok. Calung biasanya dimainkan saat sedang bertani sehingga membantu mengusir burung. Harga Calung Jingjing sekitar Rp.

Baca Juga :  Harga Alat Musik Harmonika

2. Harga Alat Musik Calung Rantay

Berbeda dengan Calung Jingjing yang di pukul dengan satu tangan, Calung Rantay biasanya di mainkan dengan duduk bersila dan dua alat pemukul. Bilahnya disusun dari yang terkecil hingga yang terbesar. Biasanya juga ada kok yang disusun dua deret sesuai kebutuhan saja,

Calung Rantay ini dibagi lagi menjadi 2, Calung Indung dan juga Calung Rincik atau Calung anakan. Uniknya lagi biasanya Calung Rantay diikat di atas pohon. Calung Rantay ini juga mempunyai daerah khusus yang biasa memproduksinya loh.

Seperti di Tasikmalaya, Cibalong, dan kanekes. Calung Rantay Akan dibuat dari Kayu atau Bambu. Harganya sekitar Rp.

Sejarah Calung

Awalnya Calung terkenal sekali di daerah Jawa Barat. Calung juga awalnya dibuat dari Bambu Awi Wulung karena bambu itu yang banyak tumbuh di Pasudah dan Jawa Barat. Awalnya Calung merupakan rancangan awal dari Angklung.

Jadi bisa di kira bahwa Calung sebenarnya merupakan awal mula atau perkembangan dari cikal bakal Angklung. Calung juga berkembang sangat pesat pada masanya sehingga dapat di nikmati hingga sekarang. Calung dikenal sebagai alat musik tradisional dengannada petatonik yang indah.

Daftar Harga Alat Musik Calung Terbaru

Alat Musik KondisiHarga
Calung Pelog Bambu HitamBaruRp. 650.000
Calung RentengBaruRp. 650.000
Calung Gambang BaruRp. 775.000
Bambu CalungBaruRp.50.000
Calung 18 Hitam BambuBaruRp. 600.000

Permainan calung snagat cocok dimainkan bersama kecapi, biola bahkan piano dan gitar. Bahkan musisi terkenal seperti Hendarso yang membantu menyebarkan dan mempopulerkan Alat Musik Calung. Banyak yang menyukai suaranya yang unik.

Harga Alat Musik Calung yang ada diatas belu seratus persen benar ya. Bisa tiba-tiba berubah. Namun harganya tidak akan terlalu mahal atau terlalu murah. Kamu juga bisa membeli Calung di marketplace Online! Sudah banyak yang mulai menjual Calung di Online Store.

Leave a Reply

%d bloggers like this: