Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan – Dalam observasi pada terdapat laporan. Kami akan menjelaskan mengenai

Berikut beberapa contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan atau tanaman.

Struktur Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Ada 2 struktur besar yang menyusun teks laporan hasil observasi yaitu:

  1. Pernyataan umum (klasifikasi) adalah pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Di tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan adalah bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.

Sedangkan struktur lain dari teks ini berupa:

  1. Definisi Umum adalah pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas di dalam teks.
  2. Definisi Bagian adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  3. Definisi Manfaat adalah bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  4. Penutup adalah bagian rincian akhir dari teks.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Kelapa

Definisi Umum

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin.Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia,  karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Definisi Bagian

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga.

Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Definisi Manfaat

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera.

Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun didalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Definisi Penutup

Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi.

2. Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Rumput

Pernyataan Umum

Rumput adalah tumbuhan monokotil yang mempunyai daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang, rumput berasal dari keluarga poacae.Daun rumput yang biasa ada di pekarangan rumah kita panjangnya antara 5 – 10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan dan sulit di kontrol pertumbuhannya.Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput manila, rumput teki, rumput kucai, rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, dan rumput ilalang.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Rumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak.

Di Indonesia rumput banyak digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Rumput juga bisa ditanam untuk membuat lanskap taman dan berfungsi sebagai karpet taman, warna daunnya yang hijau bisa menarik perhatian dan dapat menyejukkan mata orang yang melihat.

Rumput yang tumbuh di tanah yang lapang pertumbuhannya dibiarkan liar karena bisa dimanfaatkan peternak untuk melepas hewan ternaknya.

Namun di sisi lain rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Lidah Buaya

Pernyataan Umum

Lidah Buaya memiliki nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Millear. Lidah buaya merupakan 1 dari 10 tipe tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri.

Anggota/aspek yang dilaporkan

Lidah buaya dapat hidup di tempat yang mempunyai suhu panas atau biasa ditanam di pot ataupun di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Lidah buaya mempunyai daun agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya 15-36 cm, lebarnya 2-6 cm.

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin nya (kecuali vitamin D).

Lidah buaya dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit yaitu obat cacing, amandel, sakit mata, keseleo, luka bakar, bisul, luka, bernanah, serta jerawat. Lidah buaya pun berguna untuk menebalkan dan menghitamkan rambut.

4. Contoh Teks Laporan Observasi Tumbuhan Bunga Anggrek Bulan

Definisi Umum

Anggrek Bulan atau Phalaenopsis ambilis adalah tanaman indah masuk dalam salah satu suku tumbuhan berbunga terbanyak yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia yang berasal dari Genus Phalaenopsis.

Definisi Bagian

Anggrek Bulan merupakan jenis Anggrek Ochidaceae yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar.

Anggrek Bulan berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan diseluruh dunia kecuali di Benua Antartika. Anggrek Bulan pertama ditemukan di Maluku, dan termasuk tumbuhan Epifit.

Definisi Manfaat

Anggrek Bulan banyak dimanfaatkan untuk tanaman hias karena keindahannya. Anggrek mudah dirawat dibandingkan dengan jenis bunga lain, seperti dahlia, melati, mawar, dan sebagainya.

Anggrek Bulan salah satunya yang dapat hidup/tumbuh hanya dengan digantungkan, sehingga tidak banyak membutuhkan ruangan.

Definisi Penutup

Cara budidaya Anggrek Bulan termasuk mudah, hanya dengan menyetek atau penyebaran biji. Media yang digunakan dapat berupa arang kayu, serabut kelapa, atau potongan batang pohon/genting/batu bata.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Mawar

1. Definisi Umum

Mawar yaitu salah satu tanaman hias yang populer dan merupakan tanaman semak dari jenis genus Rosa.

Tanaman mawar tingginya bisa mencapai 2-5 meter dan ada lebih dari 100 spesies.

Batang mawar berduri tajam, licin, halus, dan bentuk daun yang menyirip dengan panjang sekitar 5-15 cm.

Ada berbagai macam warna bunga mawar, seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, bahkan hitam.

Dibagian mahkota bunga, ada 4-5 helai daun mahkota dan mawar hidup di daerah yang sejuk.

2. Definisi Bagian

Budidaya bunga mawar bisa dilakukan dengan menanam biji, okulasi, dan stek batang.

Di masa pertumbuhannya, perawatan adalah faktor paling penting agar bunga mawar tumbuh kokoh dan tentunya indah.

Beragam cara bisa dilakukan buat merawat bunga mawar, yaitu dengan membasmi rumput liar dan gula disekitar tanaman, menyiram tanaman dengan rutin, dan memberi pupuk secara rutin 3-4 bulan sekali dengan dosis yang sesuai.

Perlu kamu tahu, pagi dan sore hari adalah waktu terbaik buat menyiram tanaman, karena suhu udara gak terlalu panas.

Lakukan juga pemangkasan terhadap tangkai yang udah layu dan dahan yang kering. Tujuannya, agar batang jadi kokoh dan tumbuh tunas yang baru.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan jenis bunga mawar seperti modern garden roses, buck roses, old garden roses, climbing roses, shrub rose, english rose, dan wild rose (mawar liar).

3. Definisi Manfaat

Karena warna dan bentuknya yang sangat indah, bunga mawar biasanya dijadikan sebagai tanaman hias.

Tapi dibalik keindahannya, bunga mawar mempunyai banyak manfaat, yaitu sebagai anti bakteri, anti viral, anti depresan, anti peradangan, dan sumber vitamin C.

Selain itu, banyak produk kecantikan seperti parfum, sabun, pelembab, dan lainnya yang memakai bunga mawar sebagai bahan pembuatannya.

Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

4. Definisi Penutup

Mawar merupakan tanaman hias yang selain mempunyai bentuk yang indah, juga mempunyai banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Jambu Semarang

Teks hasil observasi ini memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai laporan hasil penelitian terhadap tumbuhan jambu Semarang yang telah diteliti. Serupa dengan teks observasi terhadap tumbuhan lainnya, teks observasi ini terdiri atas definisi umum, bagian, manfaat dan penutup. Adapun contoh teks observasi tentang tumbuhan jambu Semarang ialah sebagai berikut.

Hasil Observasi Tanaman Jambu Semarang

Jambu air Semarang merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam kategori suku jambu-jambuan. Tanaman asli Asia Tenggara ini dikenal dengan nama latin Syzygium samarangense begitu mirip dengan tanaman jambu air biasa. Bahkan keduanya sulit dibedakan. Tanaman ini dapat dengan mudah dibudidayakan di berbagai wilayah indonesia.

Tanaman jambu air Semarang merupakan salah satu jenis jambu yang amat populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah dengan daging buah putih serta memiliki rasa yang manis asam. Jambu air Semarang memiliki begitu banyak kandungan vitamin, terutama vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apabila buah jambu air ini ini telah benar-benar matang maka akan memiliki kulit luar yang tipis serta berwarna merah tua. Buah ini akan berbentuk oval dengan daging buah berwarna putih yang tebal serta memiliki banyak kandungan air. Yang membuat buah ini begitu istimewa adalah tidak memiliki lembaga atau biji di dalamnya.

Batang tumbuhan jambu air Semarang berkayu serta memiliki banyak cabang. Kulit kayu pada batang tersebut bertekstur licin. Selain itu, pohon jambu air ini mempunyai duan tunggal yang berbentuk lonjong dengan panjang mencapai 15 sentimeter. Bentuk tulang daun tersebut menyirip dan berbunga majemuk yang berjumlah hingga 6 buah.

Jambu air Semarang akan mulai berbuah dengan ditandai adanya bunga putih. Di dalam bunga tersebut terdapat bulu-bulu halus dan akan mulai rontok apabila buah jambu sudah mulai terbentuk. Buah yang mulai terbentuk nantinya akan membesar dan siap untuk dipanen.

Buah tropis ini rentang terserang berbagai hama. Misalnya, kutu putih, ulat hingga lalat buah. Selain itu, apabila buah ini telah masak pada malam hari, maka kelelawar juga akan berdatangan untuk memangsanya. Tidak jarang buah yang dimangsa tersebut akan layu dan jatuh ke tanah.

Jambu air Semarang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kandungan vitamin A berlimpah. Buah ini sangat bagus untuk organ mata. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jambu ini diketahui sangat baik dalam mengatasi bibir pecah-pecah, kering dan sariawan. Selain kandungan vitamin A dan C, buah jambu ini juga kaya akan kandungan zat lain seperti kalium, serat, protein dan mineral.

Manfaat lain yang dimiliki oleh jambu air ini di antaranya untuk mencegah dehidrasi, meremajakan kulit wajah, menghilangkan bengkak serta memperlancar sistem pencernaan. Buah ini juga ampuh untuk mencegah adanya infeksi kulit, membersihkan racun pada ginjal dan hati, mengurangi risiko pemuaan dini sampai menurunkan kolesterol.

Tanpa perlu dikupas terlebih dahulu, Anda sudah bisa langsung mengonsumsi buah segar ini. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar bebas dari kuman dan bakteri jahat yang menempel pada kulit buah ini. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Cabai

Cabai merupakan salah satu kerabat dekat dari tumbuhan lada-ladaan. Cabai bisa dikategorikan sebagai tumbuhan sayuran maupun masakan. Cabai dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan sedang. Misalnya, Indonesia. Di Indonesia banyak orang menjumpai cabai dalam berbagai variasi bentuk dan warna.

Batang tumbuhan cabai tidak tidak berkayu. Biasanya tumbuhan ini ditanam di pekarangan rumah, ladang maupun lahan pertanian. Tinggi tumbuhan cabai bisa mencapai kisaran kurang dari 40 sentimeter dengan bentuk akar serabut.

Bentuk tumbuhan cabaik menyerupai sirih yakni merambat, membelit dan melata. Tidak jarang tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan sirih-sirihan. Di Indonesia terdapat begitu banyak variasi tumbuhan cabai. Misalnya, cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, cabai gendot, cabai jalapeno, paprika dan cabai cayenne.

Cabai memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Di samping dapat digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan, tumbuhan cabai juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya ialah dapat meningkatkan imunitas, menurunkan berat tubuh hingga mengatasi diabetes.

Bagi orang yang mengalami permasalahan pencernaan, cabai juga bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Untuk itu, tumbuhan cabai disarankan untuk ditanam di sekitar rumah maupun pekarangan belakang hunian.

Nah itulah penjelasan singkat tentang contoh teks laporan hasil observasi tumbuhan. Semoga dapat membantu!

Check Also

Makna Kata

Makna Kata –  Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti, dipahami, dan tidak disalahpahami dari sudut …