Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan – Teks eksposisi adalah teks nonfiksi  yang memuat dan menjelaskan suatu  informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya.

Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Gambar Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan 1

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan kurikulum yang digunakan.

Dari tadinya kurikulum 2006, sekarang sistem pendidikan Indonesia beralih ke kurikulum baru, kurikulum 2013.

Meskipun demikian, masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 dan belum berganti ke kurikulum yang baru.

Argumentasi

Kemendikbud telah menjelaskan bahwa kurikulum baru ini diprioritaskan untuk sekolah dengan standar Internasional atau dengan akreditasi A.

Oleh karena itu, kurikulum 2013 masih belum bisa diterapkan oleh seluruh sekolah di Indonesia secara serentak.

Salah satu syarat menggunakan kurikulum 2013 adalah sekolah harus dapat dijangkau dengan mudah untuk pendistribusian buku.

Kemendikbud juga menuturkan bahwa kurikulum yang baru ini lebih fokus dalam pengembangan karakter, pembangunan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang berdasarkan pada pendekatan ilmiah.

Selain itu, kurikulum 2013 juga lebih memfokuskan hubungan antara kegiatan belajar dengan bersyukur kepada Tuhan lewat pengamatan, percobaan dan penciptaan suatu karya.

Musliar Kasim, selaku wakil Kemendikbud, juga menuturkan bahwa kurikulum yang baru ini berisi lebih banyak praktik daripada teorinya.

Karena selama ini peserta didik dirasa terlalu dibebankan hafalan tapi masih minim kreativitas.

Salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta juga beranggapan bahwa kurikulum 2013 bertujuan membentuk karakter generasi bangsa yang berkualitas dan mencintai tanah airnya.

Kurikulum 2013 menuntut para siswa supaya berperan aktif dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), sehingga bisa membentuk generasi bangsa yang berkualitas.

Penegasan Ulang

Namun banyak orang yang menolak perubahan kurikulum baru ini. Mereka beranggapan bahwa hal ini terlalu mendadak dan terkesan dipaksakan.

Ada juga yang menilai bahwa kurtilas (kurikulum tiga belas) kurang fokus akibat menggabungkan 2 buah mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Meskipun akan membuat jumlah mata pelajaran yang dipelajari berkurang, akan tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta didik malah semakin berkurang karena materinya tidak dipelajari secara menyeluruh.

Melainkan terpisah-pisah, akibatnya tak menutup kemungkinan siswa malah akan merasa kebingungan.

Yang pasti, kurikulum 2013 juga masih terus dievaluasi dan belum 100% sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum baru ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan 2

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pendidikan atau edukasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia.

Melalui pendidikan seseorang bisa banyak belajar bahkan menemukan jati dirinya. Jati diri itu terbentuk oleh karakter dan lingkungan yang dimiliki orang itu sendiri.

Dengan tujuan membentuk karakter pada anak didik, pemerintah mengubah kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diubah menjadi kurikulum 2013.

Perubahan ini membawa pendidikan karakter ke dalam sistem pendidikan Indonesia yang baru.

Argumentasi

Tujuan pendidikan karakter adalah menggali potensi diri siswa secara personal dan mengutamakan kemampuan dalam bersikap.

Pendidikan karakter ini sangat penting guna menggali bakat-bakat tersembungi pada masing-masing siswa.

Karena setiap siswa pasti punya potensi, bakat dan kecerdasan di bidang yang beda-beda dan tidak sama antara satu dengan yang lain.

Siswa yang tidak pandai dalam satu bidang pelajaran bukan berarti ia bodoh, dalam hal lain dia pasti punya kemampuan di atas rata-rata.

Melalui pendidikan karakter, kemampuan seseorang tidak ditentukan dari pintar atau tidaknya ketika dia berada di dalam kelas.

Guru juga tidak boleh memberi label bodoh kepada seorang siswa bila dia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.

Melalui pembuatan kurikulum pendidikan terbaru, pemerintah berusaha mewujudkan pendidikan karakter ini.

Sikap dan karakter toleransi terhadap perbedaan agama, suku, kebudayaan, bahasa dan adat istiadat juga dimasukkan dalam pendidikan karakter.

Di samping itu, diharapkan pendidikan karakter juga bisa membekali siswa untuk masa depannya yang lebih baik.

Di zaman globalisasi sekarang, siswa harus mempunyai kemampuan atau skill khusus tertentu.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan salah satu bekal awal siswa untuk masa yang akan datang. Siswa harus punya sikap toleransi kepada sesama dan punya skill yang bisa dibanggakan. Supaya siap menghadapi kemajuan zaman dan menjadi penerus bangsa.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan 3

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pendidikan bisa diibaratkan senjata yang ampuh guna mengubah dunia. Karena pendidikan adalah sarana yang berguna bagi kita untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat.

Argumentasi

Tingkat pendidikan di Indonesia sendiri termasuk cukup baik. Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana demi pembangunan pendidikan, seperti pembangunan gedung dan layanan sekolah gratis.

Hal ini harus didukung oleh peserta didik yang mempunyai keinginan untuk belajar dan meraih prestasi.

Sehingga semangat belajar akan terbentuk dan mereka akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Mengingat pendidikan semakin mudah untuk diakses pada zaman sekarang.

Penegasan Ulang

Ketika fasilitas, sarana prasarana, dan peserta didik berperan aktif bersama-sama maka kemungkinan besar pendidikan Indonesia akan semakin diakui oleh dunia.

Tak menutup kemungkinan juga hal tersebut akan membawa banyak investor asing sehingga bisa meningkatkan perekonomian bangsa.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompetensi juga akan sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Nah itulah beberapa Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan yang dapat kami jabarkan. Semoga membantu!

Check Also

Teks Diskusi

Teks Diskusi – Adalah teks yang menyajikan dua pendapat yang tidak sama mengenai suatu hal. Teks …