Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Bantuin Share Yuk!

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor – Suatu kejadian yang ada di sekitar kita seperti bencana alam selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan terjadi dalam suatu proses.

Dari kejadian ini, kita dapat mengetahui bagaimana bencana tersebut ada, apa penyebabnya, serta bagaimana akibat yang ditimbulkan.

Tulislah contoh teks eksplanasi tanah longsor ?

Berikut contoh teks eksplanasi tanah longsor, sebagai berikut :

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh 1

Pembuka

Bencana tanah longsor belakangan ini kerap terjadi di Indonesia. Beberapa daerah yang berada di dataran tinggi atau lereng pegunungan. Secara sederhana, tanah longsor diartikan sebagai perberagan masa batuan, tanah atau puing-puing yang meluncur ke bawah karena adanya pengatuh gaya gravitasi. Pada keadaan lain tanah longsor dapat terjadi bersamaan dengan banjir, gempa bumi ataupun gunung meletus.

Tanah longsor meliputi tergelincir ataupun mengalirnya material tanah dan batuan karena pengaruh gaya gravitasi. Namun beberapa geolog menyebutnya sebagai pergerakan massa dibandingkan “amblesan” dari material batuan dan tanah. Pergerakan massa terjadi saat gradien kemiringan melebihi sudut ambang stabilitas, sehingga menyebabkan longsoran.

Isi

Tanah longsor dapat disebabkan oleh ketidakstabilan lereng. Keadaan ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada penopang utama, yang dapat disebabkan oleh erosi sungai ataupun penebangan pohon secara berlebihan. Penyebab lainnya adalah kontruksi pemukiman yang dibangun di atas tanah. penebangan yang terjadi di hutan, dapat menyebabkan dampak buruk bagi stabilitas lereng.

Terlepas dari faktor di atas, tanah longsor dapat terjadi dengan dua bagian, yaitu penyebab langsung, seperti adanya getaran gempa bumi, pembekuan dan pencairan dan hujan deras dalam jangka waktu panjang. Serta penyebab jangka panjang, seperti kemiringan lereng yang terjadi secara lambat namun progresif. Penggunaan kendaraan-kendaraan berat dalam penebangan pohon dapat memberikan dampak bagi stabilitas lereng. Di mana, kerusakan tersebut dapat menyebabkan permukaan tanah rapuh.

Baca Juga :  Teks Tantangan

Longsor yang kehadirannya disadari, tidak akan memberikan dampak bagi manusia. Tapi longsor yang tidak disadari kehadirannya dapat memberikan dampak besar. Bahaya tanah longsor akan menyebabkan hilangnya nyawa. Luka-luka, kerusakan properti sekitar area bencana, hingga rusaknya permukaan tanah. Walaupun demikian, angka bencana alam tanah longsor telah menurun di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, tingginya kesadaran publik dan pemahaman ilmiah yang lebih besar.

Tanah longsor adalah fenomena alam yang rumit dan bervariasi. Faktor penyebabnya cukup beragam, seperti erosi tanah, penebangan pohon secara masif dan gempa bumi. Pencegahan yang tepat dapat dijadikan solusi untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor. Contohnya, dengan melakukan pemetaan daerah-daerah lereng untuk tidak ditinggali oleh masyarakat, saat populasi terus bertambah.

Penutup

Pelarangan dan penegakan hukum yang tepat, pun dapat dijadikan solusi untuk mencegah korban jiwa dalam tanah longsor. Karena tanpa adanya penegakan hukum yang tegas, setiap pihak akan memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk melakukan penebangan liat. Apabila tindakan pencegahan tidak dilakukan, bahaya korban jiwa dan material yang terjadi dalam bencana akan terus berlanjut dan merugikan banyak pihak.

Contoh 2

Pembuka

Struktur geografis Indonesia secara tidak langsung memberikan dampak yang begitu besar, salah satunya risiko terjadinya tanah longsor di banyak tebing. Tidak jarang, kejadian tanah longsor memakan korban yang tidak sedikit dengan kerugian materiil yang besar.

Isi

Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap bencana ini masih cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih maraknya pembangunan rumah di bawah tebing maupun di lereng gunung yang curam. Selain itu, masih banyak juga penebangan pohon secara masif dan tidak bertanggung jawab.

Padahal, penyebab tanah longsor akibat dari deforestasi sangatlah besar. Dari penebangan tersebut, terjadilah erosi yang menyebabkan struktur tanah menjadi renggang dan tidak ada penahan ketika hujan turun dengan lebat. Akibatnya, tanah menjadi rapuh dan mudah amblas.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tanah longsor dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Meskipun banyak diberitakan pada saat musim hujan, nyatanya tanah longsor juga dapat terjadi ketika musim kemarau.

Bencana tanah longsor ini juga dapat terjadi apabila ada gempa yang cukup besar, baik gempa tektonik maupun vulkanik yang menyebabkan guguran tanah atau batuan.

Penutup

Apabila terjadi secara terus menerus, semakin besar kerugian yang akan ditimbulkan. Masyarakat sekitar tebing juga mau tidak mau harus direlokasi sehingga menjadi aman dan terhindar dari berbagai bencana tersebut. Korban jiwa dan kerugian material juga semakin besar jumlahnya apabila tanah longsor terjadi secara terus-menerus.

Contoh 3

Pembuka

Bencana tanah longsor sering kali menimbulkan korban jiwa dan tidak sedikit membuat banyak orang kehilangan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya mitigasi sehingga bencana tersebut tidak terjadi kembali dan meminimalisir berbagai kerugian yang dialami.

Isi

Menurut Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul, setidaknya ada 9 cara yang dapat dilakukan sebagai langkah mitigasi bencana. Pertama, yakni tidak membuat kolam di atas lereng gunung. Kedua, yakni tidak mendirikan rumah di bawah tebing. 

Ketiga, menghindari penebangan pohon di sekitar lereng gunung. Berikutnya, yakni tidak melakukan penggalian tebing secara tegak lurus karena dapat mengurangi daya tanah terhadap tanah di atasnya. Kelima, tidak mendirikan bangunan langsung di atas sungai karena dapat menyebabkan erosi pada tebing.

Selanjutnya, pembuatan terasering untuk memperlambat aliran permukaan ketika hujan. Ketujuh, yakni rutin mengecek retakan pada tanah. Kedelapan, yakni penyuluhan berkala kepada masyarakat. Dan yang terakhir intervensi dari pemerintah dan warga sekitar.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk menghindari tanah longsor yang dapat merugikan semua pihak. Dengan adanya mitigasi bencana yang baik, serta peran aktif dari pemerintah dan masyarakat, tentu saja bencana alam tersebut dapat dihindari.

Baca Juga :  Konjungsi Temporal

Contoh 4

Pembukaan

Tanah longsor merupakan sebuah peristiwa alam yang sering terjadi di negeri ini. Kejadian tanah longsor sering terjadi di kawasan lereng gunung meskipun tidak jarang di kawasan lain juga mengalaminya. Bencana alam ini dapat terjadi apabila terdapat pergerakan tanah atau batuan sehingga jatuh atau amblas.

Isi

Ada beberapa penyebab terjadinya tanah longsor. Yang pertama, terjadi karena gempa. Gempa membuat lempengan tanah menjadi bergerak karena adanya pecahan. Apabila struktur tanah lemah, maka akan memicu terjadinya longsor.

Selanjutnya, ada juga tanah longsor yang terjadi karena curah hujan yang tinggi namun daya serap tanah rendah. Hal ini kerap terjadi karena adanya erosi akibat deforestasi berlebih. Akibatnya, tanah menjadi tidak stabil dan mudah longsor.

Penutup

Dari beberapa kejadian yang sudah ada, dapat disimpulkan jika tanah longsor sangatlah berbahaya. Anda yang tinggal di kawasan lereng gunung hendaknya musti berhati-hati sehingga terhindar dari bencana tersebut. Peran masyarakat juga sangat penting dalam menjaga lingkungan sekitar supaya tanah longsor tidak terjadi.

Nah itulah paparan tentang beberapa contoh teks eksplanasi tanah longsor beserta strukturnya secara singkat. Semoga membantu!

Untuk beberapa tema teks eksplanasi yaitu:

  • Contoh teks eksplanasi pelangi
  • Contoh teks eksplanasi tsunami
  • Contoh teks eksplanasi gempa bumi
  • Contoh teks eksplanasi budaya
  • Contoh teks eksplanasi kompleks
  • Contoh teks eksplanasi banjir bandang
  • Contoh teks eksplanasi tanah longsor
  • Contoh teks eksplanasi Gerhana Bulan
  • Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam
X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment