Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Bantuin Share Yuk!

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi – Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan peristiwa atau proses terjadinya sesuatu yang saling berhubungan dan sesuai fakta.

Sedangkan, pelangi adalah fenomena alam yang sering terjadi dan menjadi pembahasan dalam pembelajaran. Berikut kami berikan contoh teks eksplanasi pelangi di bawah ini!

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Contoh 1

1. Penyataan Umum (Pembuka)

Pelangi atau rainbow adalah fenomena alam yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi mempunyai 7 macam warna yang terdiri dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang terlihat di langit atau medium lainnya. Pelangi umumnya muncul setelah hujan terjadi atau nampak pada sekitar air terjun yang berarus deras.

2. Deretan Penjelas (Isi)

Pelangi muncul karena cahaya membias dan menyimpang menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam, maka langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada keadaan matahari di siang hari.

Pelangi tidak akan terlihat pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada mulanya matahari melewati tetes hujan lalu dibiaskan/ dibelokkan ke tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

3. Penutup (Interpretasi)

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan si pengamat. Posisi pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut.

Matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang kurva terpendek berwarna ungu, sedangkan kurva dengan cahaya panjang berwarna merah yang terdapat pada bagian luar.

Baca Juga :  Afiksasi

Contoh 2

1. Pernyataan Umum (Pembuka)

Pelangi adalah satu fenomena alam yang menakjubkan dan disukai banyak orang. pelangi yang hadir di langit memiliki banyak warna dengan membentuk sebuah busur nan indah. 

Warna-warna pelangi dapat terlihat dengan jelas, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan warna terakhir ungu. Pelangi umumnya muncul setelah hujan terjadi atau nampak pada sekitar air terjun yang deras arusnya.

2. Deretan Penjelas (Isi)

Kemunculan pelangi diawali dengan terjadinya hujan. Hujan yang reda memiliki banyak uap air yang berterbangan di udara. Selanjutnya cahaya matahari yang muncul, akan menembus uap-uao yang berterbangan di udara. Pelangi terjadi karena adanya cahaya matahari yang menimpan dan membias menjauhi partikel-partikel. hal ini dibuktikan saat cahaya melewati dua medium yang berbeda mengalami pembiasan dan berubah arahnya.

Pembiasan terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan berbeda, melalui medium yang berbeda. hal ini menyebaban cahaya putih berpisah berdasarkan frekuensinya. Sementara sinar ungu berbelok pada sudut yang relatif tajam ketikan masuk pada tetesan air hujan. Karenanya, warna yang pertama dibelokan adalah warna ungu sementara yang terakhir kali dibelokkan adalah merah.

pada sisi kanan tetesan air hujan, terdapat cahaya yang menembus kembali ke udara. Sementara sisanya akan dipantulkan ke bagian belakang. Beberapa cahaya yang belum terpantul, akan dipantulkan melalui sisi lain tetesan air hujan. Selanjutnya berbelok dan bergerak kembali ke udara. Melalui proses ini, setiap tetesan air hujan akan menguraikan sinar matahari putih yang merupakan warna komponennya.

3. Penutup (Interpretasi)

Karenanya, pelangi dapat terlihat bila terdapat titik-titik air hujan. Ketika matahari bersinar pada sisi berlawanan dengan arah anda berdiri. Sehingga posisi untuk menatapnya adalah di antara matahari dan tetesan air dengan posisi matahari dibelakang hadapan.

Baca Juga :  Kata Majemuk

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian, contoh teks eksplanasi pelangi beserta strukturnya dengan singkat dan jelas. Semoga membantu!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Bantuin Share Yuk!

Leave a Comment