Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks – Teks Eksplanasi adalah Suatu kejadian yang ada di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan terjadi dalam suatu proses.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

1. Fokus pada topik yang bersifat umum.
2. Teks terdiri dari beberapa bagian, yaitu pernyataan umum, penjelasan, dan penutup.
3. Teks berisi informasi yang didasarkan pada fakta.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Bagian ini berisikan penjelasan mengenai topik yang akan dibahasa di dalam teks secara keseluruhan. Bagian ini menjadi pengenalan di awal dan kata kunci dalam paragraf berikutnya.

2. Penjelas

Pada bagian ini informasi diberikan secara detail untuk memberikan pengetahuan lebih jelas mengenai topik yang sedang di bahas.

3. Penutup

Bagian ini sering disebut sebagai bagian interpretasi yang berisikan kesimpulan mengenai apa yang dibahas di dua bagian sebelumnya. Biasanya bagian ini berisi nasehat, wejangan, atau harapan terkait fenomena yang dibahas sejak awal teks dibuat.

Buatlah soal tentang contoh teks eksplanasi komplek ?

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Tentang Sosial Kemiskinan

Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mempu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan.

Biasaya masyarakat miskin cenderung bertempat tinggal dibantaran kali, bawah jembatan, dan tempat-tempat yang justru bukan tempat layak mendirikan bangunan. Terkadang justru mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara.

Kemiskinan tidak hnaya menjadi fenomena yang terjadi di Indonesia, tetapi juga menjadi fenomena yang terjadi hampir di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang juga memiliki permasalah yang sama tentang kemiskinan seperti negara Indonesia.

Banyak faktor terjadinya kemiskinan atau seseorang menjadi miskin. Faktor keterbatasan alat kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, seperti bangkrut, musibah, prilaku pribadi, perbudakan, dan struktur sosial. Faktor perilaku dan struktur sosial yang lebih banyak mendominasi terjadi kemiskinan secara menglobal.

Perilaku manusia yang konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan keuangan yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Jumlah keluarga juga dapat mempengaruhi jika pemasukan tidak sebanding dengan kebutuhan untuk semua keluarga. Faktor struktur sosial lebih mengarah pada turun temurun kemiskinan itu sendiri.

Orangtua yang miskin akan besar kemungkinan untuk tidak dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka pun akan sulit menjamah pendidikan. Dengan demikian, generasi kebodohan dan kemiskinan akan mudah saja menjadi turun kegenerasi dalam keluara miskin.

Faktor gengsi adalah faktor yang juga termasuk ke dalam faktor perilaku pribadi. Masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan pokok.

Rokok, Hp, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang yang didapat selama bekerja. Sehingga, uang yang masuk tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, banyak juga yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi fenomena kemiskinan ini. Mulai dari pemerintah menaikan upah minimum pekerja, menyediakan lapangan kerja yang sesuai, memberikan pendidikan gratis, menyediakan tempat tinggal dengan harga terjangkau, dan secara pribadi masyarkat diminta untuk dapat berperilaku sewajarnya.

Tidak menghambur-hamburkan uang, mencari pekerjaan yang sesuai, menghilangkan sedikit gengsi dengan menabung, dan bantuan dari masyarakat sekitar. Kerja sama antara penduduk kalangan sedang atau menengah dan kalangan ekonomi atas terhadap masyarakat kalangan bawah sangatlah penting.

Saling mengingatkan, membantu, tetapi juga masyarakat dengan ekonomi rendah tidak lah boleh hanya brpangku tangan saja menerima smeua bantuan yang diberikan.

Seharusnya, kemiskinan tidak perlu menjadi fenomena yang besar di Indonesia maupun dunia. Jika, kita secara pribadi mau menerima dan mensyukuri apa yang kita miliki tanpa membandingkan dan ada perasaan isi di dalamnya.

Selain itu, adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sekitar tentang penanggulangan atau memberantas kemiskinan, diharapkan negara kita akan terbebas dari fenomena kemiskinan yang makin lama semakin bertambah.

Tentang Bencana Alam

Tanah Longsor

Bencana tanah longsor belakangan ini kerap terjadi di Indonesia. Beberapa daerah yang berada di dataran tinggi atau lereng pegunungan. Secara sederhana, tanah longsor diartikan sebagai perberagan masa batuan, tanah atau puing-puing yang meluncur ke bawah karena adanya pengatuh gaya gravitasi. Pada keadaan lain tanah longsor dapat terjadi bersamaan dengan banjir, gempa bumi ataupun gunung meletus.

Tanah longsor meliputi tergelincir ataupun mengalirnya material tanah dan batuan karena pengaruh gaya gravitasi. Namun beberapa geolog menyebutnya sebagai pergerakan massa dibandingkan “amblesan” dari material batuan dan tanah. Pergerakan massa terjadi saat gradien kemiringan melebihi sudut ambang stabilitas, sehingga menyebabkan longsoran.

Tanah longsor dapat disebabkan oleh ketidakstabilan lereng. Keadaan ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada penopang utama, yang dapat disebabkan oleh erosi sungai ataupun penebangan pohon secara berlebihan. Penyebab lainnya adalah kontruksi pemukiman yang dibangun di atas tanah. penebangan yang terjadi di hutan, dapat menyebabkan dampak buruk bagi stabilitas lereng.

Terlepas dari faktor di atas, tanah longsor dapat terjadi dengan dua bagian, yaitu penyebab langsung, seperti adanya getaran gempa bumi, pembekuan dan pencairan dan hujan deras dalam jangka waktu panjang. Serta penyebab jangka panjang, seperti kemiringan lereng yang terjadi secara lambat namun progresif. Penggunaan kendaraan-kendaraan berat dalam penebangan pohon dapat memberikan dampak bagi stabilitas lereng. Di mana, kerusakan tersebut dapat menyebabkan permukaan tanah rapuh.

Longsor yang kehadirannya disadari, tidak akan memberikan dampak bagi manusia. Tapi longsor yang tidak disadari kehadirannya dapat memberikan dampak besar. Bahaya tanah longsor akan menyebabkan hilangnya nyawa. Luka-luka, kerusakan properti sekitar area bencana, hingga rusaknya permukaan tanah. Walaupun demikian, angka bencana alam tanah longsor telah menurun di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, tingginya kesadaran publik dan pemahaman ilmiah yang lebih besar.

Tanah longsor adalah fenomena alam yang rumit dan bervariasi. Faktor penyebabnya cukup beragam, seperti erosi tanah, penebangan pohon secara masif dan gempa bumi. Pencegahan yang tepat dapat dijadikan solusi untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor. Contohnya, dengan melakukan pemetaan daerah-daerah lereng untuk tidak ditinggali oleh masyarakat, saat populasi terus bertambah.

Pelarangan dan penegakan hukum yang tepat, pun dapat dijadikan solusi untuk mencegah korban jiwa dalam tanah longsor. Karena tanpa adanya penegakan hukum yang tegas, setiap pihak akan memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk melakukan penebangan liat. Apabila tindakan pencegahan tidak dilakukan, bahaya korban jiwa dan material yang terjadi dalam bencana akan terus berlanjut dan merugikan banyak pihak.

Tentang Fenomena Alam (Sampah)

Pernyataan Umum :

Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai seperti sayuran, daun-daun kering, dan sisa-sisa makanan. Sampah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik, botol, kaleng, dan sebagainya. Salah satu untuk meminimalisir, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor.

Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD.

Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap.

Apabila banjir, tentu saja akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Interpretasi :

Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan.

Dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali untuk menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial (Pengangguran)

Pernyataan Umum

Pengangguran adalah fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi problem di masyarakat. Sudah banyak usaha yang diupayakan untuk mengatasi masalah ini, tetapi belum juga teratasi.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir di semua negara. Ada yang mengartikan bahwa pengangguran merupakan orang dewasa yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi tentang pengangguran yaitu orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu.

Urutan Sebab Akibat

Salah satu faktor dasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran yaitu kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Perubahan struktural dalam perekonomian juga menjadi sebab pengangguran.

Sehingga perubahan tersebut menyebabkan timbulnya kebutuhan kepada tenaga kerja dengan tingkat keterampilan yang beragam. Sehingga pencari kerja tidak bisa mendapat pekerjaan karena tidak sesuai dengan tuntutan.. Dan tak jarang pengangguran juga disebabkan karena pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan dan buruh.

Pengangguran mengakibatkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial. Sehingga apabila jumlah pengangguran banyak, pasti akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkatkan dan potensi kriminal semakin tinggi.

Interpretasi

Sehingga pengangguran merupakan masalah besar yang harus segera diatasi. Salah satunya dengan memperbaiki kondisi lapangan pekerjaan. Selain itu, memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja bisa mengurangi pengangguran.

Atau kita bisa memberikan keterampilan yang mencukupi untuk mereka sehingga mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dan berbagai cara lain bisa kita lakukan agar pengangguran teratasi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Pernyataan Umum

Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya. Kita sebagai warga harus prihatin bahwa orang Indonesia tidak dapat memegang erat budayanya dari genggamannya. Meskipun budaya kita adalah budaya yang non-modern, kita harus melestarikannya dan memberitahukan kepada bangsa lain. Kebudayaan Indonesia mulai tersisihkan oleh kebudayaan yang datang dari Barat. Sehingga Budaya Indonesia banyak yang diakui oleh negara lain.

Deretan Penjelasan

A. Penjelasan 1

Pertama,budaya Indonesia merupakan budaya yang terbanyak di dunia dari Sabang sampai Merauke. Dari ujung timur hingga ujung barat terbentang beribu-ribu pulau. Agar bisa mempertahankannya perlu memahami apa makna dari budaya tersebut.

B. Penjelasan 2

Kedua, untuk menonjolkan budaya kita agar tidak lagi di klaim oleh negara lain, kita perlu belajar mengenai beberapa budaya kita dengan cara memakai pakaian adat di hari-hari tertentu ataupun mementaskannya.

C. Penjelasan 3

Selain itu, agar negara lain tidak sewenang-wenang terhadap budaya kita, kita harus bertindak tegas kepada negara lain.

D. Penjelasan 4

Terakhir, kita harus bangga terhadap bangsa kita yang mempunyai beragam suku dan budaya, dengan cara mempelajari budaya Indonesia dengan baik dan benar, tinggalkan budaya negatif dari luar agar negara kita tetap menonjol dengan kebudayannya. Boleh mempelajari budaya Barat asalkan sudah disaring terlebih dahulu yang sesuai dengan kebudayaan Indonesia dan tetap melestarikan budaya Indonesia.

Interpretasi

Setelah kita memperhatikan beberapa alasan itu, kita semua sepakat bahwa orang Indonesia harus belajar, melestarikan budaya Indonesia agar kebudayannya tidak hilang di klaim oleh negara lain.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri, contoh teks eksplanasi kompleks tentang tema bencana alam, sosial, fenomena alam, dan budaya. Semoga dapat membantu dalam pembelajaran di kelas dan dapat menjawab jawaban yang ada.

Untuk beberapa tema teks eksplanasi yaitu:

  • Contoh teks eksplanasi pelangi
  • Contoh teks eksplanasi tsunami
  • Contoh teks eksplanasi gempa bumi
  • Contoh teks eksplanasi budaya
  • Contoh teks eksplanasi kompleks
  • Contoh teks eksplanasi banjir bandang
  • Contoh teks eksplanasi tanah longsor
  • Contoh teks eksplanasi Gerhana Bulan
  • Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam

Check Also

Perilaku Empati Menghormati Orang Tua dan Guru yang Dapat Diamati Tanggapanmu

Perilaku empati menghormati orang tua dan guru yang dapat diamati tanggapanmu – Jawaban : Ada …