Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan – Teks yang sering dibaca adalah salah satunya teks berita. Di koran, majalah, bahkan artikel terdapat teks berita di dalamnya.

Untuk membuat teks berita pun menggunakan struktur 5W+1H seperti yang sudah diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Berikut kami berikan contoh teks berita tentang pendidikan lengkap, singkat, panjang, dan terbaru. 

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan 1 “Penghapusan UN”

Klarifikasi Menteri Pendidikan mengenai Penghapusan UN

Kaitannya dengan wacana penghapusan Ujian Nasional pada 2021, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melakukan klarifikasi tentang hal tersebut. Nadiem mengatakan dengan tegas bahwa UN bukan dihapuskan, namun lebih tepat dikatakan sebagai diganti menjadi sitem asesmen kompetensi.

Dalam rapat bersama Komisi X DPR di DPR, Senayan, Jakarta, pada Kamis (12/12/2019) Nadiem mengungkapan bahwa berita mengenai penghapusan UN merupakan headline media agar banyak diklik masyarakat untuk meningkatkan pembaca.

Sistem asesmen kompetensi juga melibatkan survei karakter yang menggantikan Ujian Nasional yang selama ini menuai banyak kontroversi dalam pelaksanaannya. Asesmen kompetensi dan survei karakter dinilai bisa menyederhanakan UN. Bahkan Nadiem juga menegaskan bahwa kata menghapus kurang tepat, lebih tepatnya penggantian sistem UN.

Nadiem memaparkan beberapa poin yang dihapus dari UN yakni format yang ada seperti sekarang, yaitu format mata pelajaran yang kelengkapan silabus pada kurikulum. Format tersebut memiliki kemiripan dengan PISA yang di dalamnya mencakup literasi, numerasi, dan juga survei karakter.

Menurut Nadiem, ada tiga alasan perlunya sistem Ujian Nasional digantikan. Yang pertama, UN hanya mengandalkan hafalan siswa, jadi paham atau tidaknya dikesampingkan, sementara pelajaran yang diterima siswa sangat padat. Yang kedua, adanya UN membuat stres tak hanya bagi siswa, namun juga guru dan orang tua karena penentu nilai kelulusan adalah UN. Yang terakhir, pelaksanaan Ujian Nasional kurang bisa mengukur kemampuan kognitif siswa.

Terkait dengan adanya wacana penggantian UN tersebut, dalam sambutannya di depan kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia, Rabu (11/12/2019) Muhadjir Effendy selaku mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan setuju. Menurutnya keberadaan UN juga merupakan akibat adanya pembaharuan.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan 2 “Pendidikan Karakter”

Sinergi Budaya Lokal dalam Pendidikan Karakter

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional menyuarakan kembali mengenai pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Arie Budhiman selaku staf ahli Mendikbud bidan Pembangunan Karakter dalam konfersi pers (3/5/2018) mengungkapkan bahwa ia mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan semacam WVI dalam menguatkan karakter generasi bangsa di setiap wilayah Indonesia. Untuk meneruskan amanat mengenai ‘Revolusi Mental’, hal ini akan terus disinergikan.

Nurman Siagian selaku Koordinator Program Pendidikan WVI juga mengungkapkan mengenai Program Pendidikan Karakter telah memberi dampak kepada 295 sekolah yang telah diberlakukan di 17 wilayah di Indonesia. Penerapan program tersebut telah disesuaikan berdasarkan konteks budaya, agama, dan lingkungan asal mereka tinggal.

Nurman juga menambahkan bahwa WVI telah menerapkan ‘sekolah hijau’ di Sambas yang mengajarkan anak-anak untuk cinta kepada lingkungan. Contoh yang telah mengedepankan nilai budaya adalah di Ngada. Fokus layanan WVI adalah kepada anak-anak, untuk itu semua upaya dilakukan bersama dengan pemerintah, masyarakat, dan juga anak-anak itu sendiri.

Masyarakat menjadi unsur terpenting yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan karakter. Sedangkan elemen pendukung yang menunjang keberhasilan pendidikan karakter adalah tokoh agama, Kepala Sekolah, guru atau tenaga pendidik, tokoh masyarakat, dan keluarga.

Seperti yang telah diungkapkan oleh salah satu guru sekolah SDN 07 Sasak, Yostina, yang turut menghadiri pertemuan tersebut bahwa sekolah tempatnya mengajar, SDN 07 Sasak, telah menerapkan kurikulum ‘Sekolah Hijau’ yang memberikan perubahan cara dalam mengajar.

Di Kecamatan Sajingan Besar terjadi peningkatan nilai ujian menjadi yang paling tinggi, anak mulai memiliki partisipasi yang besar untuk bersekolah, dan tenaga pengajar juga menjadi lebih kreatif dalam memberikan pelajaran kepada murid. Bahkan SDN 07 Sasak menyabet penghargaan MDG’s Award pada tahun 2019.

Salah seorang pemerhati pendidikan Indonesia, Najeela Shihab, mengungkapkan mengenai keberlanjutan pendidikan karakter yang merupakan proses dalam jangka waktu yang berkelanjutan. Pendidikan karakter tidak bisa hanya didapatkan di sekolah, namun juga keluarga terutama orang tua memiliki peranan penting.

Selain itu faktor lingkungan mencakup masyarakat, penggerak lingkungan, serta tokoh agama juga turut andil dalam menerapkan pendidikan karakter ini. Hal ini dikarenakan upaya mencerdaskan anak harus dimulai dari dini dan berkaitan dengan lingkungan tempat tinggalnya yang juga memengaruhi.

Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki banyak sekali budaya dan perbedaan lain di dalamnya. Dengan pembelajaran Pendidikan Karakter Kontekstual, diharapkan generasi muda dapat menjadi pribadi yang memiliki keterampilan dan kecerdasan serta karakter nilai toleransi untuk bisa mengarungi kehidupan berbineka tunggal ika.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan 3 “Tak Sekolah”

62 Juta Anak Perempuan Tak Sekolah

Pendidikan merupakan dasar dari kehidupan yang lebih baik. Tapi faktanya, tidak semua orang dapat memperoleh pendidikan, dan sekitar 62 juta anak perempuan di dunia tak bersekolah.

Demi mewujudkan anak-anak perempuan bisa bersekolah, sebuah kampanye internasional digagas Michelle Obama.

“Ketika ada 62 juta anak perempuan di dunia tidak bersekolah, merupakan hal yang tragis karena membuang potensi manusia.

Ini juga merupakan tantangan serius ke depannya mulai dari kesehatan masyarakat, hambatan perekonomian nasional dan kesejahteraan global, hingga ancaman keamanan global di seluruh dunia,” tulis Michelle Obama dalam artikel di The Wall Street Journal dikutip Selasa (6/10/2015).

Dalam tulisannya, Michelle mengungkapkan bahwa melalui pendidikan dapat membuat anak perempuan tak menikah dini.

Hal ini membuat tingkat kematian ibu lebih rendah. Lalu, anak perempuan yang mampu mengenyam pendidikan mampu meningkatkan ekonomi negara tersebut.

“Pendidikan juga dapat menjadi alat ampuh bagi perempuan untuk melawan ekstremisme dan kekerasan,” tulis Michelle.

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan 4 “Pandemi Covid-19”

Nadiem: Kita Tak Punya Opsi, Harus Sekolah di Tengah Pandemi

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pembelajaran tatap muka (PTM) harus segera dilakukan agar para siswa tidak ketinggalan pembelajaran atau learning loss.

Nadiem menyampaikan tidak mungkin melakukan belajar jarak jauh hingga seluruh siswa divaksinasi Covid-19. Menurutnya, merampungkan vaksinasi seluruh siswa akan memakan waktu hingga 2,5 tahun.

“Itu enggak bakal bisa kita kejar ketertinggalannya. Kita tidak punya opsi, kita harus sekolah dalam kondisi virus ini. Itu adalah realitanya,” kata Nadiem dalam rapat  kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/8).

Nadiem menyampaikan belajar jarak jauh memberi dampak negatif kepada siswa. Selain learning loss, banyak siswa mengalami tekanan psikologis karena harus belajar dalam kondisi berbeda.

Selain itu, Nadiem menyebut banyak anak mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama belajar di rumah. Ia tak ingin dampak-dampak negatif itu terus mendera anak murid.

Nadiem menyampaikan sebanyak 30 persen sekolah telah mulai dibuka awal tahun ini. Namun, seluruh sekolah harus kembali mengadakan belajar daring saat virus Corona varian delta merebak.

Saat ini, ada sekitar 63 persen dari 540.979 sekolah yang sudah diperbolehkan kembali menggelar PTM. Namun, baru 26 persen sekolah yang melakukan PTM.

“Ini sudah terlalu lama kondisi psikologis anak kita dan kognitif learning loss anak kita sudah terlalu kritis, kita harus secepat mungkin membuka dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Nadiem.

Jika di stasaiun televisi, teks berita dibawakan oleh reporter atau pembawa acara, begitupun di radio. Untuk membaca berita juga harus memperhatikan intonasi, supaya penonton mendengar dengan jelas.

Demikian contoh teks berita tema pendidikan yang dapat kami berikan. Semangat belajar dan terus berproses!

Check Also

Kata Sandang

Kata Sandang – Salah satu jenis keragaman kata yang ada di bahasa Indonesia yang sering …