Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing – Di Indonesia kucing sangat populer dan banyak diminati sebagai binatang peliharan yang menggemaskan dan pintar. Banyak diantara catlovers yang juga rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli kucing ras dan untuk biaya perawatan kucing ras yang tentu saja mahal dan tidak sembarangan. Diantara perawatan yang super mewah tersebut, memandikan kucing juga suatu perawatan yang tidak boleh terlewatkan!

Bagi manusia, mandi merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan setiap pagi sebelum beraktifitas. Mandi dapat membuat kita terlihat lebih segar, wangi dan tentunya terhindar dari kuman! Namun, memandikan kucing pun tidak bolah asal-asalan, terlebih jika kucing anda kucing ras yang berbulu cantik. Kita harus mengetahui terlebih dahulu langkah dan juga alat yang perlu di pakai.

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing
Gambar Cara Memandikan Kucing via. https://www.catster.com

Kebersihan memang harus diutamakan siapapun anda, karena dengan menjaga kebersihan maka kita kaan dihindari dari kuman dan akan semakin jauh dengan penyakit yang akan menyerang. Kucing juga butuh dimandikan setidaknya dua minggu sekali agar tetap bersih dan jauh dari bakteri yang menyerang. Memandikan kucing secara rutin juga akan menjauhkan kucing dari penyakit jamur yang susah sekali dihilangkan.

Baca Juga :  Penyakit Mata Pada Kucing

Yuk kita cari tahu cara memandikan Kucing yang baik dan benar! Sebelumnya siapkan dulu alat dan bahan.

Berikut alat dan abhan yang harus di siapkan:

– Ember
– Air Hangat
– Shampoo Kucing
– Sisir / Brush
– Cottons Bud
– Handuk Lebut
– Hair Dryer
– Baby Oil

  1. Siapkan Alat dan Bahan

    Alat dan Bahan sangat penting sebelum kita mulai memandikan kucing, jika ada alat atau bahan yang kurang, bisa-bisa kita panik dan kucing pun berubah rewel. Ritual mandi pun terganggu, sangat tidak asik kan? Alat dan Bahan juga akan membantu kita memandikan kucing secara baik dan benar tanpa membuat kucing rewel.

  2. Membasahi Tubuh Kucing

    Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah dengan membasahi kucing dengan air hangat. Guyurkan air dengan pelan, mulai dari badan kucing kebelakang lalu guyurkan ke kepala kucing dengan sangat perlahan. Jangan sampai mengenai telinga, mulut, mata dan hidung. Kenapa harus air hangat? Karena kucing akan rewel jika dimandikan dengan air dingin, kucing sangat anti loh dengan sesuatu yag dingin!

  3. Aplikasikan Shampoo Kucing

    Setelah memastikan badan kucing telah basah merata, aplikasikan shampo kucing keseluruh badan kucing, serta di kepala. Namun jangan sampai busa shampoo mengenai mata, telinga, hidung dan mulut ya! Karena shampoo akan terasa perih untuk kucing, bisa-bisa kucing menjadi rewel dan menyakar anda. Saat mengaplikasikan shampoo, pijat-pijat juga badan kucing agar kucing merasa nyaman.

  4. Bilas Dengan air Hangat

    Setelah selesai memijat dan memastikan badan kucing bersih dari kuman, segera bilas badan kucing dengan air hangat kembali. Bilas dengan perlahan namun rata dan bersih. Jika terdapat sisa busa shampoo yang menempel akan berbahaya bagi kucing krena kebiasaanya yang suka menjilati bagian tubuhnya itu. Si kucing bisa keracunan. Terlebih shampoo kan isinya bahan kimia!

  5. Keringkan dengan Handuk / HairDryer

    Cara Memandikan kucing yang selanjutnya adalah mengeringkan tubuh kucing setelah mandi dengan handuk lembut atau Hairdryer. Jika anda tidak punya HairDryer, menggunakan handuk juga tidak masalah meskipun akan memakan waktu sedikit lebih lama agar kucing seratus persen kering. Sementara jika menggunakan HairDryer, ada beberapa kucing yang tidak suka atau takut dengan HairDryer itu sendiri meskipun akan lebih menghemat waktu.

    Tapi ingat, sangat menggunakan HairDryer jangan terlalu dekat denga kucing, bisa-bisa ia ketakutan dengan angin panas dan suaranya yang bising!

  6. Sikat Bulu Kucing

    Setelah kucing kering dan harum, langkah berikutnya adalah dengan menyikat bulu-bulu halusnya. Jika bulu kucing lebat dan panjang, pakaikan sikat yang rongganya lebih lebar. Namun jika bulu kucing lebih pendek dan lembut, silahkan pakai sikat dengan rongga dan brush yang kecil dan lembut. Dengan menyikati bulu kucing, kita bisa menghilangkan bulu-bulu yang rontok. Sikat dengan benar dan perlahan ya!

  7. Bersihkan telinga Kucing

    Ambil cotton bud lalu beri sedikit baby oil di ujungnya untuk memudahkan kotoran menempel pada bud. Cara membersihkan telinga Kucing sama dengan cara membersihkan telinga pada umumnya karena bentuk telinga kucing pun hampir sama dengan manusia. Setelah mandi juga adalah waktu yang bagus untuk membersihkan telinga kucing karena kotoran akan lebih mudah di hilangkan.

Baca Juga :  Tanda Tanda Kucing Hamil

Cara Memandikan Kucing Persia

Kucing kalian ras persia? Bingung cara memandikannya? Ayo tengok Cara Memandikan Kucing Persia lengkap dengan alat bahan dan step yang pastinya akan memabntu anda untuk memandikan kucing tersebut dengan baik dan benar. Ada juga trik-trik yang bisa dipakai agar kucing nyaman dimandikan.

Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Anggora

Kucing anggora banyak di jadikan peliharaan yang lucu. Dan pasti banyak juga majikan yang ingin peliharaannya tetap cantik dan berbulu lembuut tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak di petcare bukan? Nih ada Cara Memandikan Kucing Anggora agar bulu lebatnya tetap lembut, halus dan cantik seperti habis di salon kucing!

Cara Memandikan Kucing Anggora

Cara Memandikan Kucing Kampung

Meskipun Kucing Kampung memiliki bulu yang pendek namun menjaga kebersihan kucing peliharaan tetap harus dilakukan! Cara memandikan Kucing Kampung ini akan membantu kucing kamu terhindar dari penyakit akibat virus yang hadir jika kucing tidak dimandikan!

Cara Memandikan Kucing Kampung

Cara Memandikan Kucing Kecil

Kucing kecil tidak luput kita rawat seperti halnya kucing dewasa, bahkan karena metabolisme kucing kecil masih lemah. Ia harus rutin di mandikan saat badannya kotor agar tidak ceat sakit. Lihat Cara memandikan Kucing Kecil disini ya!

Cara Memandikan Kucing Kecil

Cara Memandikan Kucing Liar

Meskipun bukan kucing anda, kucing liar juga harus dimandikan setidaknya agar kucing peliharaan kamu tidak tertular penyakit dari temannya yaitu kucing liar. Kucig liar biasnay alebih bersahabat dengan air maka dari itu ayo lihat cara memandikan Kucing liar yang baik dan benar!

Cara Memandikan Kucing Liar

Cara Memandikan Kucing yang Galak

Pasti susah ya punya kucing yang judes dan galak? lalu gimana ya cara memandikan kucing yang galak tanpa kena cakar dan gigitan? Santai saja, kita juga punya cara memandikan kucing yang galak tanpa kena gigit dan cakaran.

Cara Memandikan Kucing yang Galak

Cara Memandikan Kucing Tanpa HairDryer

Ada banyak loh cara memandikan kucing sesuai dengan ras nya, namun bagaimana jika kita tidak punya HairDryer untuk mengeringkan kucing? Ayo lihat artikel Cara Memandikan Kucing Tanpa HairDryer.

Cara Memandikan Kucing Tanpa Hairdryer

Cara Memandikan Kucing Yang benar

Saat memandikan kucing tidak boleh terlewatkan satu step pun agar kucing tidak rewel dan berbalik mencakar kita. Lalu giaman nih cara memandikan kucing yang benar agar kucing tidak rewel dan takut? Yuk baca!

Cara Memandikan Kucing yang Benar

Selain membuat kucing bersih dan wangi, mandi juga membuat kucing menjadi terbebas dari kuman dan bakteri yang tumbuh di lingkungan kotor! Jangan lupa ya untuk memandikan kucing 1 atau 2 minggu sekali agar kucing tetap terjaga kebersihannya. Penyakit menular juga akan jauh dari kucing sehingga keluarga pun aman dan nyaman.

Dan jangan lupa untuk memotong kuku kucing sesudah atau sebelum mandi, jangan sampai kukunya terlalu panjang dan mencakar anda! Tapi jangan terlalu pendek juga saat memotongnya yaaa karena kuku kucing sangat penting untuk pertahanan diri.

Leave a Reply

%d bloggers like this: