Cara Memandikan Kucing yang Galak

Cara Memandikan Kucing yang Galak – Kucing umumnya suka berjalan-jalan bahkan di tempat yang kotor sekalipun. Ada beberapa kucing yang suka memanjat tong sampah atau berjalan-jalan dip ata rumah. Bahkan jika sedang buang air pun kucing menginjakkan kaki di pasir yang kotor, tentu saja kucing tidak paham tentang bersih kotornya suatu hal!

Untuk itu kita sebagai majikan wajib rutin membersihkan tubuh kucing agar bersih dari kuman dan virus yang akan membuat kucing sakit. Memandikan kucing memang tergolong mudah jika dilakukan dengan hati-hati, namun bagaimana cara harus memandikan kucing yang galak? Kucing yang galak kan, sangat susah di dekati. Mereka termasuk kucing yang agresif dan suka mencakar, terlebih jika berhubungan dengan mandi dan air. Yuk cari tahu cara memandikan kucing.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kucing Stres

Cara Memandikan Kucing yang Galak

Cara memandikan kucing yang galak
Image Source. www.southbostonanimalhospital.com

Supaya kita dapat memandikan kucing yang galak tanpa terkena amukannya, ada beberapa langkah tambahan yang harus diperhatikan sebelum memandikan si galak. Memandikan kucing galak memang beresiko terkena cakarannya, maka dari itu kita harus berhati-hati dan siap sebelum mulai memandikan. Mulai dari menyiapkan bahan dan alat di bawah ini:

  • Ember
  • Air Hangat
  • Pemotong Kuku
  • Handuk Lembut
  • Shampoo kucing
  • Cottons Bud
  • Sisir
  • Hair Dryer
  • Baby Oil

Setelah semua alat dan bahan diatas lengkap, silahkan menyiapkan kucing untuk di mandikan. Selanjutnya mulai ke tahap memandikan kucing galak!

  1. Potong Cakar Kucing

    Kucing yang galak biasanya akan mengeluarkan cakarnya dan berubah menyeramkan untuk mempertahankan dirinya. Usahakan untuk memotong cakar si kucing sebelum mandi ya sehingga kucing tidak bisa melukai anda. Tapi tidak boleh terlalu dalam memotongnya, potong bagian yang tajam sehingga saat mencakar pun tidak terlalu sakit

  2. Mengetahui jam yang tepat

    Sebelum benar-benar memandikan kucing biasakan untuk mengecek kondisi kucing terlebih dahulu. Jangan sampai memandikan kucing di saat kucing sedang sakit, yang mana malah akan memperburuk keadaan si kucing. Pastikan kucing sehat dan masih siap untuk di mandikan. Jangan pula memandikan kucing disaat ia sedang dalam keadaan yang bad mood anda pati akan kena cakar deh!Namun, jam yang tepat untuk memandikan kucing adalah antara jam 09.00 – 15.00 setiap hari agar kucing tidak gampang sakiit karena suhu yang tidak stabil.

    Baca Juga :  Cara Memandikan Kucing Anggora
  3. Basahi Kucing dengan Air Hangat

    Memandikan kucing memang sebaiknya dengan air hangat, kucing sangat suka dengan sesuatu yang hangat dan tidak suka dingin. Oleh karena itu meandikan kucing dengan air dingin akan membuatnya memberontak dan mulai menjadi galak. Guyur perlahan dengan air hangat dan usahakan jangan terlalu kasar dan tergesa-gesa saat membasahinya.

  4. Aplikasikan Shampoo

    Saat memberi shampoo pada kucing juga ada aturannya, kita tidak boleh sampai mengenai telinga, mata, hidung, dan mulut si kucing. Menggosok badan kucing juga harus dengan perlahan dan sambil di pijat. Jangan melakukannya terlalu keras atau kucing akan menjadi rewel dan tidak tanggung-tanggung mencakarnya. Semuanya harus dilakukan dengan perlahan.

  5. Bilas dengan Bersih

    Kucing yang telah di beri shampoo harus di bilas sampai bersih. Bilas lagi degan air hangat ya! Membilasnya juga sambil menggosok-gosok badan si kucing untuk memastikan semua shampoonya sudah hilang. Jangan meninggalkan shampoo di badan si kucing karena kucing suka sekali menjilati badannya sendiri dan bahaya jika ia sampai tidak sengaja menjilat sisa sabun kan?

  6. Keringkan

    Ada dua cara untuk mengeringkan kucing, cara pertama dengan bantuan Hry Dryer. Memang lebih efisien dan sangat membantu sayangnya tidak semua kucing suka dengan Hry Dryer. Cara lainnya bisa dengan menggunakan handuk yang lembut. Namun tetap pelan-pelan ya mengeringkannya, jangan keras-keras saat menggosok badan si kucing.

  7. Bersihkan Telinga Kucing dengan Cottons Bud

    Belum selesai! Saat memandikan kucing jangan lupa juga untuk membersihkan telinganya setelahnya. Sehabis mandi adalah waktu yang tepat untuk membersihkan telinga kucing karena kotoran telinga akan lebih mudah di bersihkan. Bersihkan dengan cottons bud yang telah di lapisi baby oil di ujungnya dan bersihkan telinga kucing dengan perlahan.

Baca Juga :  Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

Kucing imut ataupun kucing galak sama-sama dapat mencakar jika kita memperlakukan mereka dengan kasar. Tidak hanya mencakar, kucing bahkan bisa menggigit loh jika ia merasa terancam karena di sakiti. Maka kita tidak boleh sembarangan saat memandikan kucing agar tidak kena cakaran. Untuk itu perhatiakn cara memandikan kucing yang galak dengan baik dengan benar. Jangan lupa untuk memandikan kucing secara rutin dan benar ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: