Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Persia – Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat menggemaskan, banyak sekali masyarakat Indonesia yang memelihara kucing karena memang tingkah lakunya yang sangat menggemaskan dan sangat menghibur. Ras kucing yang paling banyak digemari di Indonesia adalah ras Kucing Persia. Ras ini banyak digemari karena bulunya yang lebat sehingga menambah rasa gemas ketika melihatnya lari kesana kemari.

Namun jika kucing memiliki bulu yang lebat maka akan mudah kotor, terutama ketika kucing kita sering bermain diluar. Kucing ras persia juga harus rutin untuk dimandikan paling tidak 1 sampai 2 minggu sekali dan karena hal ini tentu repot jika kita harus membawa kucing kita ke petshop setiap minggu untuk dimandikan.

Baca Juga :  Cara Membuat Kucing Gemuk

Oleh karena itu aku kali ini akan membantu kalian dengan tata cara memandikan kucing persia terutama cara memandikan kucing persia untuk pemula. Lalu bagaimana cara memandikan kucing persia? Mari kita lihat di bawah ini.

Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Persia
Gambar Cara Memandikan Kucing Persia Image Source. http://www.mythicbells.com

Mandi merupakan kegiatan yang wajib kita lakukan untuk membersihkan kuman dan kotoran agar tetap sehat. Begitu juga kucing, mereka juga harus mandi agar tetap bersih dan terjaga kesehatannya. Mungkin kita sering melihat kucing kita menjilati tubuhnya sendiri, hal tersebut dimaksudkan untuk membersihkan diri, namun itu tidak cukup untuk menghilangkan jamur, kutu dan kotoran yang tidak bisa terjangkau oleh kucing itu sendiri.

Baca Juga :  Cara Mencari Kucing Yang Hilang

Oleh karena itu kucing perlu dimandikan agar tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari virus jamur dan penyakit yang tidak diinginkan. Sebenarnya cara memandikan kucing persia sendiri tidaklah susah, namun mungkin kalian akan mendapat kendala dengan kucing yang takut akan air dan akan memberontak, belum lagi jika kucing kalian galak.

Nah berikut ini ada cara cara memandikan kucing persia dari kami agar kalian bisa memandikan kucing di rumah sendiri. Pertama-tama sebelum memulai cara memandikan kucing persia yang baik dan benar mari kita siapkan bahan dan alat untuk memandikan kucing persia kita. Bahan dan alat tersebut adalah :

  • Ember yang sudah berisikan air hangat secukupnya
  • Shampoo khusus kucing
  • Hair dryer
  • Sisir
  • Handuk yang lembut
  • Cottonbuds
  • Baby oil (Jika ada)

Setelah menyiapkan setiap bahan-bahan untuk memandikan kucing persia kita, mari ikuti cara memandikan kucing persia yang baik. Tutorial cara memandikan kucing persia bisa kalian ikuti di bawah ini :

  1. Basahi Seluruh Badan Kucing

    Langkah pertama cara memandikan kucing persia yang benar adalah dengan membasahi seluruh badan kucing menggunakan air hangat yang sudah di siapkan. Basahi secara perlahan ya karena cara tersebut merupakan cara memandikan kucing persia agar tidak berontak dikarenakan kaget.

  2. Mulai Gunakan Shampoo

    Setelah membasahi seluruh badang kucing secara merata, langkah selanjutnya dari cara memandikan kucing persia dengan benar adalah dengan memberikan shampoo pada badan kucing. Tapi kalian harus berhati-hati jangan sampai shampoo tersebut mengenai bagian mata, hidung dan mulut si kucing.Kalian harus memberikan shampoo secara perlahan dan berhati-hati. Kita juga bisa memberikan shampoo sambil memijatnya secara perlahan-lahan agar shampoo bisa mencapai akar dari bulu kucing.

Baca Juga :  Cara Memandikan Kucing Tanpa Hairdryer

  1. Bilas Hingga Shampoo Hilang

    Selanjutnya adalah membilas badan kucing yang sudah diberi shampoo menggunakan air hangat tadi, pastikan kalian membilas dengan bersih jangan sampai ada shampoo yang tertinggal di badan kucing ya. Hal ini dilakukan agar kucing tidak menjilati shampoo tersebut dan menghilangaau kotoran yang ada di badan kucing.

  2. Keringkan Badan Kucing

    Setelah semua shampoo sudah hilang cara memandikan kucing yg baik dan benar selanjutnya adalah mengeringkan badan kucing menggunakan hair dryer yang sudah disiapkan. Mengeringkan menggunakan hair dryer memang lebih mudah namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua kucing menyukainya.Lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai hair dryer? Ini solusinya :

    Cara Memandikan Kucing Persia Tanpa Hair Dryer

    cara memandikan kucing persia tanpa hairdryer (gambar)
    Jika kita punya hair dryer maka kita bisa mengeringkan badan kucing menggunakan handuk yang lembut. Pastikan kalian menggunakan handuk tersebut secara perlahan dan lembut ya agar kucing tetap nyaman.

  3. Membersihkan Telinga Kucing

    Langkah terakhir pada cara memandikan kucing persia yg benar adalah membersihkan telinga kucing menggunakan cottonbuds yang sudah dilapisi baby oil. Untuk cara membersihkannya sendiri mirip ketika membersihkan telinga orang dan harus dilakukan secara hati-hati agar kucing tidak merasa kesakitan.

Tips Cara Memandikan Kucing Persia

Dalam cara memandikan kucing persia bagi pemula ada beberapa tips yang akan aku berikan agar kalian bisa tahu cara memandikan kucing persia dengan baik. Nah langsung saja kita bahas satu persatu tips yang harus kalian tahu :

  • Perhatikan Kondisi Kucing Persia Sebelum Dimandikan

    Pertama yang harus kalian lakukan sebelum memandikan kucing persia kalian adalah memperhatikan kondisi kucing kesayang kita terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut yaitu apakah kucing persia kita dalam keadaan sehat atau tidak dan apakah kucing kita baru di vaksin atau sudah lama.Jika ternyata kucing kita ternyata sakit maka kita tidak boleh memandikannya terlebih dahulu, tunggu sampai dia sehat. Lalu jika kita baru mem-vaksin kucing kita maka tunggulah sampai 7 hari setelah vaksin baru kita boleh memandikannya.

  • Perhatikan Waktu Mandi yang Tepat

    Waktu mandi sebenarnya adalah hal penting yang terkadang kita sepelekan, sama halnya manusia ada waktu-waktu mandi yang sehat bagi kucing persia kesayangan kita. Nah waktu yang sehat untuk kucing kita mandi adalah sekitar pukul 09.00 – 15.00.Hal ini dikarenakan pada jam segitu suhu udara relatif stabil sehingga kucing tidak akan merasakan dingin yang mungkin bisa membuat kucing sakit.

  • Bagaimana Cara Memandikan Kucing Persia Galak?

    Mungkin inilah salah satu kendala yang akan kita alami jika kita memandikan kucing yang pada dasarnya mereka tidak suka air, terutama apabila kucing itu baru kita adopsi maka ada kemungkinan besar dia akan melawan.Nah untuk mengatasi hal tersebut aku akan membagikan solusi cara memandikan kucing persia yang galak. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yaitu pertama kita bisa mengamankan kucing dengan membalut bagian mulut kucing dengan kain agar tidak bisa menggigit kita. Atau bisa juga menggunakan collar ellizabeth jika kalian tidak tega membalut mulut kucing dengan kain.

Baca Juga :  Cara Memandikan Kucing Galak

Tips dan cara memandikan kucing persia di rumah yang sudah kita bahas sebenarnya adalah cara memandikan kucing persia dewasa sehingga kita tidak bisa menerapkan hal yang serupa untuk kucing yang masih kecil.

Lalu bagaimana cara memandikan kucing persia yang masih kecil? Untuk hal tersebut mari kita baca pembahasan dibawah ini tentang tata cara memandikan kucing persia umur 1 bulan atau cara memandikan kucing persia anakan.

Cara Memandikan Kucing Persia umur 2 bulan

Cara Memandikan Kucing Persia Masih Kecil
Image Source. i.ytimg.com

Seperti yang sudah aku katakan di atas mengenai pertanyaan gimana si cara memandikan kucing persia kecil? Terutama yang masih menginjak umur 2 bulan, tentu kita sangat menginginkan kucing kita selalu bersih agar terhindar dari penyakit, terutama untuk si kecil.

Tapi perlu kalian ketahui bahwa memandikan kucing yang masih kecil terutama berumur dibawah 3 bulan itu masih belum boleh dimandikan. Kenapa? Karena kucing persia atau semua jenis kucing yang masih berumur dibawah 3 bulan masih memiliki tubuh yang rentan dan sangat mudah terpengaruh dengan suhu lingkungan.

Sehingga kita memandikan kucing yang masih berumur 2 bulan malah bisa membuat kucing kita sakit karena kedinginan. Lalu bagaimana jika si kecil kotor? Jika kotor tersebut masih bisa kita bersihkan maka cara memandikan kucing persia 2 bulan tersebut dengan menggunakan cara membersihkannya saja dengan lap kering.

Tapi jika kotoran yang menempel sangat susah dibersihkan menggunakan lap kering kita bisa memandikannya dengan menggunakan cara memandikan kucing persia umur 2 bln berikut :

  • Pertama siapkan kain kering yang bersih
  • Air hangat
  • Handuk yang lembut

Setelah menyiapkan alat dan bahan di atas mari kita ikuti langkah cara memandikan kucing persia usia 2 bulan ini :

  • Pertama-tama celupkan kain bersih tersebut kedalam air hangat
  • Angkat kain dan peras hingga agak kering
  • Langkah selanjutnya adalah membilasnya menggunakan kain basah tersebut secara perlahan dan lembut
  • Terakhir, langsung keringkan badan si kecil menggunakan handuk yang lembut agar kucing tidak kedinginan

Cara Memandikan Kucing Persia umur 3 bulan

Cara Memandikan Kucing Persia Kitten
Image Source. https://www.shutterstock.com

Umur 3 bulan merupakan umur dimana kucing persia sudah boleh dimandikan, untuk tata caranya kita bisa menggunakan cara memandikan kucing persia 3 bulan yang sudah aku bahas diatas. Namun perlu diperhatikan walaupun kucing persia yang sudah berumur 3 bulan memang sudah boleh dimandikan tapi kita tetap harus berhati-hati.

Cara memandikan kucing persia usia 3 bulan tidak boleh sembarangan dan harus lebih berhati-hati dan lebih lembut dari tata cara memandikan kucing di atas. Kenapa? Karena walaupun sudah berusia 3 bulan namun kucing masih tergolong sebagai kitten atau kucing kecil yang tentunya masih sangat rentan dengan pengaruh lingkungan terutama suhu.

Cara Memandikan Kucing Persia umur 5 bulan

Kucing Persia Kecil
Image Source. https://www.dailymail.co.uk

Untuk kucing yang sudah berumur 5 bulan ke atas sudah bisa dibilang mendekati dewasa atau remaja. Pada umur segini kucing persia sudah bisa dimandikan secara normal dan bisa menggunakan cara yang sama persis seperti cara memandikan kucing persia yang sudah aku bahas di atas.

Tapi tetap saja perhatikan suhu udara sekitar ya agar kucing tidak kedinginan yang takutnya akan membuatnya sakit. Lalu juga perlu berhati-hati karena kebanyakan kucing takut akan air, sehingga kita harus tau cara memandikan kucing persia yg takut air.

Cara tersebut mungkin bisa kalian gunakan android kalian lalu gunakan fitur google assistant dengan mengatakan oke google cara memandikan kucing persia, hehe. Tapi sebenarnya cara itu akan aku jelaskan di bawah ini jadi kalian tidak perlu bingung ya.

Baca Juga :  Ciri Kucing Stres

Cara Memandikan Kucing Persia yang Takut Air

Kucing memang pada dasarnya tidak suka atau bahkan takut terhadap air dan kasus tersebut tentu akan menjadi kendala utama bagi kita ketika memandikannya. Kucing akan terus kabur dan bahkan sampai mencakar untuk terhindar dari air, lalu apa yang harus kita lakukan untuk menangani hal tersebut?

Untuk menanggulangi kucing yang takut air kita perlu memandikannya secara perlahan dan harus membuat kucing terbiasa dulu dengan air. Dalam artian kita harus membasahi kucing secara perlahan mulai dari kakinya terlebih dahulu lalu biarkan sampai dia tenang dan terbiasa, lalu basahi bagian badannya sedikit demi sedikit sampai seluruh badannya basah.

Dengan cara tersebut kucing akan beradaptasi dengan air dan tentunya dia tidak akan berontak walaupun badannya sudah sepenuhnya basah dengan air.

Cara Memandikan Kucing Persia Hamil

Banyak yang bertanya bagaimana cara memandikan kucing persia yang sedang hamil. Padahal, kucing yang sedang hamil sebaiknya tidak dimandikan terlebih dahulu kecuali jika bulunya sudah benar-benar kusam. Itu pun harus dengan amat hati-hati jangan sampai kita menyenggol perutnya. Saat memandikan kucing usahakan jangan menggosok kucing terlalu keras.

Jika kucing sedang hamil maka anda cukup membasuh tubuh si kucing dengan handuk basah dengan telaten dan berhati=hati karena jika menekan perut kucing terlaku keras akan berakibat fatal.

Baca Juga :  Cara Memandikan Kucing Anggora

Cara Memandikan Kucing Persia yang Terkena Jamur

Kucing Persia yang sedang terinfeksi jamur di tubuhnya akan menjadi kumal dan lecek. Bahkan bulunya yang semula halus akan rontok dan menggumpal. Cara perawatan kucing persia yang terkena jamur cukup mudah, saat memandikan kucing usahakan jangan terlalu keras menggosok si kucing karena kulitnya yang terkena jamur itu juga ruam dan perih jika di pegang. 

Setelah dimandikan dan di keringkan, berikan salep atau obat khusus jamur kucing pada kucing. Saat keadaan setengah kering inilah yang manjur untuk mengobati jamur kucing. 

Begitulah cara- cara memandikan kucing persia yang dapat kami kumpulkan. Untuk memandikan kucing persia harus ekstra hati-hati saat menggosok badannya karena bulunya yang panjang bisa rontok jika di gosok dan disisir terlalu keras, Jika ada hairdryer, bisa membantu mengeringkan bulu-bulu kucing ang panjang itu. Sekian tips dari kami. 

1 thought on “Cara Memandikan Kucing Persia”

Leave a Reply

%d bloggers like this: