Anak Kucing Sakit Mata

Anak Kucing Sakit Mata – Kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih memilih untuk memelihara anak kucing atau yang biasa disebut kitten. Anak kucing dinilai lebih menggemaskan dan gampang diatur. Catlovers juge menilai memelihara kucing dari kecil bisa membuatnya lebih mudah di didik dan menjadi lebih penurut. Memelihara kucing anakan juga dapat membantu membangun chemistry antara kucing dan majikannya.

Kucing yang dipelihara sejak kecil tentunya akan terasa sebagai anggota keluarga kita sendiri. Namun, tahukah anda jika anakan kucing sangat rentan dengan penyakit? Kucing memang dinekal sebagai hewan yang memiliki sistem metabolisme yang rendah, terlebih jika masih muda. Anakan kucing akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit terlebih penyakit mata, lalu bagaimana cara menangani Kucing Sakit Mata?

Anak Kucing Sakit Mata

Anak Kucing Sakit Mata
Foto Anak Kucing Sakit Mata Cr. https://dogshome.com

Ada berbagai macam penyakit yang bisa diderita anaknya kucing, salah satunya adalah Mata yang Sakit. Lalu bagaimana cara merawat anak kucin sakit mata dan bernanah serta oba apa yang bisa di aplikasikan untuk merawat anak kucing? Kalau begitu kita bisa mengetahuinya di artikel Anak Kucing Sakit Mata yang akan kita ulas di bawah ini! Sebelum itu kita harus mengetahui ciri-ciri anak kucing sakit mata yang harus diketahui sebelum terlambat.

Baca Juga :  Kucing Mengeong Tengah Malam

  1. Mata Berair

    Anak Kucing Sakit Mata Painful Eyes maka matanya akan terus berair, tak jarang juga matanyamenjadi setengah menutup. Painful eyes terjadi arena adanya cedera pada kornea mata kucing yang diakibatkan oleh Uveitis atau Glukoma. Jika dibiarkan saja maka penyakit ini akan semakin parah dan susah disembuhkan.

  2. Ada Selaput Berwarna Putih

    Selaput putih yang terdapat pada mata kucing bisa dikategorikan sebagai penyakit mata. Selaput tersebut sama dengan penyakit Katarak ada manusia yang tentu saja akan mengganggu pengelihatan kedua mata kucing tersebut.

  3. Ada Benjolan

    Benjolan di sekitar mata kucing seringkali di abaikan karena kita tidak tahu-menahu. Akibatnya, mata kucing akan semakin parah karena penyakitnya semakin menyebar. Benjolan disekitar mata tersebut biasnya di identifikasikan sebagai tumor yang ganas dan dapat menghilangkan mata kucing. Biaya untuk pengobatan tumor juga tergolong mahal. Karenanya kita harus waspada jika terdapat benjolan di sekitar mata kucing.

  4. Sensitif Terhadap Cahaya

    Jika merasa ada yang idak beres dengan mata kucing, coba periksa dengan menyorotkan cahaya pada mata kucing. Beberapa Anak Kucing sakit mata menjadi sangat sensitiv terhadap cahaya sehingga ia lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat gelap dan enggan menatap cahaya. Nah ini adalah gejaja sakit mata yang bernama Cacing Mata.

  5. Bola Mata Merah

    Sering di kenal dengan konjungtiva, penyakit mata kucing yang satu ini membuat mata kucing berwarna merah atau merah muda. Penyakit ini datang karena adanya bakteri dan virus yang menyerang mata. Yang jelas penyakit ini bisa menular ke kucing lain jadi kalian sebagai catlovers pun harus berhati-hati menanganinya.

  6. Bernanah

    Tak Jarang juga ada yang mendapati Anak kucing sakit mata dan bernanah. Nanah tersebut ada karena infeksi penyakit mata yang sudah cukup parah. Kalau sudah bernanah, maka penyakit tersebut akan membutuhkan penanganan ekstra dan juga akan memakan waktu yang lebih lama dari penyakit mata biasa.

Baca Juga :  Kucing Sakit Mata

Meskipun penyakit mata memang sering terjadi pada kucing, namun Anak kucing skait mata akan lebih membutuhkan penanganan karena anak kucing memiliki metabolisme yang lebih lemah dibandingkan kucing dewasa. Yang pasti menangani kucing dengan sabaik mungkin saat sakit mata akan membantu mempercepat kesembuhan kucing itu sendiri.

Cara Merawat Anak Kucing Sakit Mata

Setelah memastikan penyakit yang dialami kucing, pasti anda bertanya-tanya. Anak Kucing Sakit Mata Obatnya apa? Anak kucing sakit mata sangat kasihan jika tidak cepat ditangangi, cara merawat anak kucing sakit mata cukup banyak dan bisa dengan bahan-bahan yang mudah di cari. Berikut cara merawatnya:

Baca Juga :  Tanda Tanda Kucing Hamil

  1. Kompres dengan Air Garam

    Banyak orang yang menggunakan air garam sebagai pembunuh bakteri dan virus. Air Garam juga bisa digunakan sebagai obat untuk Anak Kucing Skait Mata loh! Cukup dengan mengompressnya dengan kain/tisu yang telah dicelupkan ke air garam lalu membilasnya. Air garam dapat membantu mengeluarkan kotoran pada mata kucing aikbat virus dan bakteri.

  2. Oleskan Salep

    Obat Sakit Mata Anak kucing yang bisa di cari di apotek dan petcare adalah Salep Tetrasiklin. Salep ini berfungsi meredakan sakit mata yang disbabkan oleh infeksi dan cukup ampuh dalam menanagani sakit mata. Cara penggunaannya cukup mudah dengan megoleskan salep pada bagian mata yang terinfeksi setelah di bersihkan dengan air atau tisu basah.

  3. Tetesi dengan Bahan Alami

    Siapa yang tahu bahwa teh chamomile, teh hijau, cuka apel dan jus lemon dapat membantu mengobati penyakit mata pada kucing? Nyatanya dengan mencampurkan bahan tersebut ke dalam air yang lalu di teteskan ke mata kucing yang sakit. Bahan-bahan alami tersebut akan membantu membersihkan kotoran dan mematikan bakteri dan virus yang ada pada mata kucing. Tetesi 2-4 tetes setiap hari ya!

  4. Berikan AntiBiotik

    Antibiotik obat ataupun yang berbentuk salep sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh kucing yang sedang sakit mata. Antibiotik dapat membereskan bakteri dan virus dari dalam maupun dari luar. Antibiotik ini sudah terkenal ampun untuk mengusir bakteri dan kuman serta virus yang hinggap di tubuh kucing. Jika antibiotik tersebut berbentuk salep maka dianjurkan untuk membersihkan mata kucing sebelum mengoleskan salep.

  5. Pakaikan Elizabethan Collar

    Elizabtehan Collar mungkin akan membantu kesembuhan kucing. Pakaikan collar tersebut agar kucing tidak menggaruk atau mencakar matanya yang sedang sakit. Karena bisa menimbulkan infeksi dan memperparah penyakit mata yang ada pada kucing. Atau bisa jadi mata kucing menjadi terluka karena tercakar oleh kuku kucing yang panjang.

  6. Obati dengan Lisin

    Virus herpes juga bisa terjangkit di mata kucing. Tapi tenang saja, anda bisa menggunakan lisin untuk menyembuhkan mata kucing! Lisin dapat menghambat dan mengehntikan pertumbuhan virus dan bakteri sehingg apenyakit mata pda kucing tidak akan semakin parah. Sekali menggunakan lisin maka virus dan banteri terseut tidak akanlagi berkembang.

  7. Bawa Ke Dokter

    Jika anda sudah mencoba cara diatas namun tidak ada hasilnya atau bahkan penyakit malah bertambah parah segara larikan kucing ke dokter hewan atau petcare terdekat. Biarkan kcuing ditangani oleh yang lebih profesional, terlebih jika penyakit mata kucing tersebut adalah penyakit tumor, segera bawa kedokter ya jangan di tunda-tunda!

Baca Juga :  Ciri Kucing Jamuran

Begitulah artikel tentang Anak Kucing Sakit Mata yang bisa kami kumpulkan untuk anda. Ingat bahwa masing-maisng kucing memiliki metabolismenya sendiri-sendiri sehingga lama waktu penyembuhan pun akan berbeda setiap kucingnya. Jika tidak yakin untuk merawat anak kucing skait mata dirumah maka langsung saja bawa kedokter agar ditangani dengan lebih jelas dan baik. jangan lupa untuk selalu merawat kucing dengan sabar dan telaten ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: